Wednesday, March 20, 2013

INTERVIEW DENGAN ENGULFED ‘SLAMMING DEATH METAL’ – BALIKPAPAN , KALIMANTAN TIMUR




'Slam, slam and slam…’ kalau kita melihat di on stage untuk band-band yang memainkan musik slamming ini, yang mana para penontonnya mendengarkan musiknya sambil bergaya layaknya zombies kemudian berputar bersama-sama mengelilingi moshpit dan ada juga yang berheadbanging sambil mengepalkan tangannya…pokoknya bebas berekpresilah tidak ada aturan ini itu. Salah satu band dari Kota Balikpapan yaitu ENGULFED telah memainkan musik Slamming Death Metal dan band ini terbentuk ditahun 2010. Sejak terbentuknya band ini sampai sekarang, mereka mengalami gonta-ganti personil karena adanya berbagai alasan. Namun, mereka tak patah arang dan tetap melanjutkannya. Sampai saat ini mereka telah memuntahkan 2 buah lagu yaitu Disgusting Vomit dan Tubuhku Bersimbah Darah. Dan disamping itu mereka tentunya juga telah mempersiapkan beberapa materi lagu baru. Pada kesempatan ini Busuk Webzine diberikan waktu luang untuk melakukan wawancara dengan Ramly sang vocalis dari band Engulfed. Silahkan kalian simak wawancara singkat kami ini :

John Yoedi : Allo Kawan, Apakhabar ? Thanks atas dukungannya terhadap BUSUK WEBZINE dan telah bersedia untuk melakukan wawancara. Saya dan Kieran James (Australia) share di blog ini. Baiklah, apa yang telah kalian lakukan untuk sementara ini ?

R : Allo juga kawan, kabar baiklah tentunya, kegiatan kami saat ini setelah habis vakum sebentar kemaren yahh… membuat materi baru , konsep baru dan tentunya orang-orang baru hahaha……

JY : To start off, bisa nggak kalian perkenalkan current line up dari ENGULFED ? Apakah ada pergantian line up sejak terbentuknya band ini ?

R : Line Up ENGULFED untuk sekarang telah ada pergantian, untuk line up kami yang lama ada : Ary (Guitar) , saya sendiri Ramly (Voc) , Dmond (Drum) , Peter dari AMORAL SICKNEZZ (Add. Bass). Dan sempat vakum sejenak dan akhirnya inilah Amunisi baru kami  : Dani (Guitar) , Alib (Add.Drum) , Adil (Bass) & saya 'Ramly' (Voc)

JY : Dan siapa yang pertama kali memiliki ide untuk membentuk ENGULFED dan apakah arti/makna dari nama ENGULFED menurut versi kalian ?

R : Ide terbentuknya ENGULFED berawal dari Ary, pada saat ini kami sekedar duduk ngobrol dan sedikit nge-Jam bareng,lalu timbullah gagasan dari Ary untuk membentuk sebuah Band. Dan untuk nama ENGULFED sendiri berarti Tertelan, dan makna dari kata tersebut menurut kami yaitu banyak manusia-manusia yg otaknya telah ditelan oleh kebencian dan dendam, dan mereka muntahkan kembali dengan tindakan-tindakan yang melampaui batas kewajaran seperti membunuh.

JY : Apa yang membuat kalian memutuskan untuk memainkan musik slamming death metal ini ?

R : Karena saat kami mendengarkan, kami menikmati dan membuat kami Klimaks (hehehe…) oleh karena itu, pada saat itu kami memutuskan untuk memainkan Slamming death metal.

JY : Bisa nggak kamu mendeskripsikan sound musik dari ENGULFED serta vocal style ?

R : Untuk soundnya kami banyak memainkan part Breakdown dan Groovy  seperti Gorevent, Condemn the carnivore dan Chordotomy. Dan untuk Style vocalnya adalah Guttural dan Deep Guttural. Untuk voc saya banyak terpengaruh dari AJ Magana dan Angel ochoa.

JY : Band-band apa saja yang memberikan pengaruh besar terhadap musik band kalian ?

R : Untuk style Slamming Death Metal ini kami banyak terpengaruh dari : Gorevent,Chordotomy,Condemn the Carnivore,Devourment,Carnal Disfigurement

JY : Siapa yang bertanggung jawab untuk masalah penulisan lirik lagu serta yang mengaransemen musiknya ?

R : Untuk musik kami mengaransemennya bersama – sama, sedangkan untuk lirik saya.

JY : Dan darimana kalian mendapatkan inspirasi untuk hal penulisan lagu ? Serta menceritakan tentang apa saja lirik-lirik lagu kalian ?

R : Inspirasinya dari media dan dari kehidupan sekitar, untuk lirik banyak menceritakan tentang amis nya Darah (hehehe…) pembunuhan, sisi lain dari otak.

JY : Sampai saat ini sudah berapa lagu yang telah kalian miliki ? Dan adakah rencana untuk memuntahkan sebuah promo/demo atau full length album ?

R : Kami baru memiliki 2 lagu (Disgusting Vomit & Tubuh bersimbah darah) , untuk demo 1 lagu (tubuhku bersimbah darah). Mudah-mudah di line up kami yg baru saat ini dengan materi dan konsep baru dapat bisa lebih daripada yg kemaren dan bisa full album.. amiin .

JY : Kalian telah memposting satu buah lagu yang berjudul ‘Tubuh Bersimbah Darah’ di Reverbnation. Adakah positive respon dari para metalheads setelah mereka mendengarkannya ?

R : Untuk respon mereka sampai saat ini masih positive.

JY : Gimana menurut kalian tentang perkembangan komunitas metal di Balikpapan saat ini ? Dan, adakah band-band yang memiliki potensi atau yang patut diwaspadai ?

R : Untuk perkembangannya sampai saat ini sudah mulai cukup pesat yahh.. dan mudah mudahan terus bertambah lagi khususnya Death metalnya. Dan untuk patut di waspadai ada HORRIBLE, MIYABI VOICE, OVERLOAD, AMORAL SICKNEZZ, INFECTED, EPITAPH, dan ENGULFED tentunya. Serta band-band yg lainnya.

JY : Dan bagaimana pula menurut kalian tentang BUSUK WEBZINE ? di Busuk Webzine Kami mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Selain itu juga Kami berusaha untuk tetap selalu update news untuk band-band local maupun mancanegara… yang pada intinya Kami berusaha untuk mencoba memberikan yang terbaik untuk para pembaca semua.

R : Wah sip mas broo… pokoknya tanggapan tentang BUSUK WEBZINE Positif lah. Salut buat BUSUK WEBZINE serta kru nya dan teruslah membagi informasi dunia per-Metalan yg berbau amis darah. Hehehe..

JY : Serta bagaimana tanggapan atau respon kalian tentang beberapa event (event metal katanya sih….hahaha) yang diadakan di Balikpapan namun si Event Organizer belum tentu paham benar akan seluk beluk musik metal ? Yang terpenting dari mereka yaitu acaranya lancar, terlaksana serta beres namun di sisi lain mereka juga kurang memperhatikan tentang sound system. Apakah kalian akan tetap ikut berpatisipasi untuk event tersebut atau kalian lebih memilih uang registnya ditabung untuk rencana recording demo/album kalian nantinya ?

R : Yup.. memang ada yg seperti itu, sebetulnya untuk music metal memang harus memperhatikan segi Kwalitas Sound System serta Equipment nya di atas panggung, namun jika berpandangan lebar mungkin semua itu terkendala oleh yg namaya Budget , tapi dilihat dari semangat dan kegigihan  mereka-mereka berusaha membuat suatu Event khusus nya di jalur Metal, kami tetap ikut berpartisipasi di event tersebut sebagai bentuk support kami.

JY : Apa rencana kalian kedepannya dengan ENGULFED ?

R : Rencana kedepan kami membuat materi baru dengan konsep baru, serta Promo dan mudah mudahan sampai Full album.. amiin

JY : Ok…thanks atas waktunya untuk menjawab dan mendukung Busuk Webzine. Sukses selalu untuk Engulfed. Sebelum menutup wawancara ini, adakah last message untuk para metalheads ?

R : Ok terima kasih untuk BUSUK WEBZINE yg telah mau memberikan sedikit waktunya untuk kami, terima kasih sekali lagi. And last message for all metalhead : keep grind and stay sick..!!! Cheeerrrss for u all.

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 12 Maret 2013)

Untuk kalian yang kepingin mengetahui lebih lanjut tentang band ini bisa kalian cek link dibawah ini :

http://www.reverbnation.com/engulfed

video live "kota raja Metal fest - Tenggarong"
videonya
http://www.youtube.com/watch?v=U9PzDzbSvHE


No comments:

Post a Comment