Saturday, August 18, 2012

Wawancara dengan Anis - Vocalis dari ‘CHILDREN OF GAZA’ (Folk Middle East Metal – Jakarta, Indonesia)



CHILDREN OF GAZA, didirikan oleh ANIS (ex Log Guns,ex Alas Roban,Ex Invictus, Ex Wolfgangs) pada tgl 01 january, 2010. Pria yang bernama lengkap Husein Al Attas (lahir 1989) ini sebenarnya sudah berrencana untuk mendirikan Children of Gaza sejak awal 2009, hanya saja belum bisa terlaksana saat itu disebabkan kesibukannya dengan Log Guns ( Log Zhelebour Production).


Pembunuhan, penindasan, pemerkosaan hak asasi yang terus terjadi terhadap “children of gaza” di gaza (Palestina) membuatnya berinisiatif untuk melakukan sesuatu dengan cara menyuarakan atas apa-apa yang menimpa mereka melalui latunan lagu yang secara garis besar biasa kita sebut "metal". Dan ia pun memadukannya dengan nuansa musik dari Timur Tengah. Meski begitu, Children of Gaza tidak hanya berbicara tentang “Gaza”, namun juga hal-hal lainnya yang perlu untuk disuarakan.

First line up dari Children of Gaza adalah Anis (lead vocal), Rocky (guitar), Ghozi (guitar), Akbar (bass), Hendra (drum).
dan kini formasi kami mengalami perubahan menjadi Anis (lead vocal), Aliem Syahdana (Lead guitar), Muhammad syarif Al Haddad (Keyboard), Freddy pardamean (bass), Muhammad Maldo (drum).

Secara musical, kami terinspirasi dari begitu banyak band dan aliran musik, dari mulai blues,classic Rock, Hard rock, progressive metal, trash metal, death metal, speed metal, nu metal, horror metal, atmospherical, opera vocal,experimental, hingga folk. dan folk (middle eastern) memiliki peranan tersendiri bagi kami.
Description : "kami hanyalah sekumpulan musisi yang bisa merasakan penderitaan anak2 palestina yang sampai detik ini terdzhalimi.,dan kami mewakili mereka untuk menyuarakan itu kepada dunia tentang apa-apa yang terjadi disana dan dunia pada umumnya dengan untaian nada dan sya'ir yang telah kami rancang sehingga lebih tajam dari pedang.kami ada berlandaskan cinta terhadap palestina dan anak-anak kecil , maka barang siapa memuliakan keduanya, maka kami memuliakannya."
KJ1: Hai, bisakah kamu menceritakan sejarah awal terbentuknya band kalian hingga sekarang?

Anis : “Children of Gaza didirikan oleh Anis (ex Log Guns) pada tgl 01 january, 2010. rencana untuk mendirikan band ini sebenarnya sudah ada sejak awal 2009, hanya saja belum bisa terlaksana saat itu disebabkan kesibukannya dengan Log Guns ( Log Zhelebour Production). Pembunuhan, penindasan, pemerkosaan hak asasi yang terus terjadi terhadap “children of gaza” di gaza (Palestina) membuatnya berinisiatif untuk melakukan sesuatu dengan cara menyuarakan atas apa-apa yang menimpa mereka melalui latunan lagu yang secara garis besar biasa kita sebut "metal". Dan ia pun memadukannya dengan nuansa musik dari Timur Tengah. Meski begitu, kami tidak hanya berbicara tentang “Gaza”, namun juga hal-hal lainnya yang menurut kami perlu kami teriakkan”.


KJ2: Bagaimana respon orang-orang dengan mini album/album/demo band Kamu?

Anis : “Sejauh ini tanggapan dari metalhead sungguh luar biasa .kami juga turut berterima kasih terhadap support dari rekan-rekan serta Event Organizer yang telah mengundang kami”

KJ3: Band apa yang paling berpengaruh bagi Kalian dalam bermain musik?

Anis : “Untuk Children Of Gaza sendiri  secara global tidak ada tetapi secara personal dari Freddy Mercury,Ronnie James Dio dan Sebastian Bach
.
KJ4: Apa rencana kedepan kalian bersama band?

Anis : “Untuk 2 bulan ini kami akan tracking album perdana, doakan saja semoga cepat selesai”

KJ5: Apakah lagu-lagu yang kalian buat menggunakan Bahasa Inggris dan Indonesia.

Anis: “Beberapa menggunakan bahasa inggris dan untuk bahasa digunakan bisa kita gunakan di beberapa lagu di album perdana atau album selanjutnya”

KJ6: Apa yang kalian ceritakan dalam lirik-lirik yang kalian buat?

Anis : “Terinspirasi Pembunuhan, penindasan, pemerkosaan hak asasi yang terus terjadi di gaza (Palestina).kami mewakili mereka untuk menyuarakan itu kepada dunia tentang apa-apa yang terjadi disana dengan untaian nada dan sya'ir yang telah kami rancang sehingga lebih tajam dari pedang.kami ada berlandaskan cinta terhadap palestina dan anak-anak kecil ,


KJ7: Mengapa kalian semua suka memainkan musik Folk metal?

Anis : “Berlatar  dari  saya berasal Yaman sejak kecil sudah mendengarkan Folk Metal, kami telah lewati kesulitan menyatukan visi masing-masing personil. Di children of gaza folk (middle eastern) memiliki peranan tersendiri bagi kami.

KJ8: Kapan pertama kali kamu menjadi fans band metal?

Anis : “Saya pribadi menjadi fans metal ketika kelas 4 SD ketika mendengarkan Metallica-One (album : And Justice For All).Siapa yang tidak kenal dengan lagu Nothing Else Matters dari The Black Album,lagu super balada dan melodius dengan petikan gitar,rhythm,dan guitar solo Kirk Hammet yang harmonis.Lagu itu seakan mewakili warna musik Metallica yang tidak hanya mengandalkan musik Thrash-nya yang cepat dan agresif.

KJ9: Apa yang Kamu katakan kepada orang-orang yang bertanya mengapa Kamu memainkan musik bergaya barat?

Anis : “Tahun 2009 terpikirkan memainkan musik bergaya barat dan musik gaya barat memiliki Taste tersendiri di telinga pendengarnya.


KJ10: Apakah para istri dan kekasih para personil kalian mendukung apa yang kalian kerjakan?

Anis : ”Istri mungkin segera menyusul (hahahaha), baik kekasih maupun keluarga sangat 
mendukung selama dalam jalur yang positif”

KJ11: Apakah hal-hal yang terbaik dan terburuk tentang komunitas di kota kalian?

Anis : “ Terbaik karena komunitas merupakan wadah bagi musisi muda mengekspresikan kreatifitas.Terburuk : Mungkin hanya beberapa komunitas yang pada awalnya menjadi wadah sharing pada akhirnya menbeda-bedakan genre”.


KJ12: Rencana apa yang kalian buat bersama band untuk kedepannya?

Anis : “ Bicara ekspektasi kita hanya menargetkan barometer sukses karena sampai saat ini  kita masih independent baik dalam penggarapan album,merchandise dan sebagainya”.


KJ13: Di acara apa kalian merasakan, itu stage yang berkesan?

Anis : “BANDUNG BERISIK 2012, sungguh berkesan dengan atmosfer yang gila dan kita sungguh bangga performance di event yang digagas oleh komunitas musik metal tertua di Indonesia yaitu Ujungberung Rebels, Homeless Crew.


KJ14: Ada pesan untuk kawan kawan?

Anis : “Bermain musik dari jiwa, selalu mencoba  dan berjuang”

KJ15: OK, terima kasih banyak

Anis : “Terima  kasih kembali bro.

CHILDREN OF GAZA






No comments:

Post a Comment