Saturday, August 17, 2013

ARTIKEL : TENTANG SEJARAH MUSIK METAL (Bab 1)


Seiring berjalannya waktu, maka semakin berkembang pesat pula industri musik didunia ini. Perkembangan musik di dunia ini, semakin banyak melahirkan berbagai macam genre musik dan juga banyaknya band-band new comer yang hadir untuk meramaikannya. Namun hal ini bukan hanya ditujukan untuk band-band new comer saja namun juga untuk para penikmat / pendengar musik pada generasi baru sekarang ini yang kemungkinan masih banyak yang kurang paham dan mengerti tentang berbagai macam genre musik yang ada. Disini saya ingin membicarakan musik cadas alias musik metal yang menurut kebanyakan oleh orang awam adalah musik paling bising dan susah dicerna alias susah dimengerti, dipahami serta musik yang suka membuat kesuruhan, keonaran, kekacauan atau apalah yang menurut mereka menghasilkan sesuatu yang buruk atau bad things. Biarlah jika mereka mempunyai tanggapan dan respon yang seperti itu...toh setiap orang berhak mengeluarkan pendapatnya, yang jelas kita harus dapat membuktikkan dan menampilkan yang terbaik dan terbaik kepada mereka semua. Banyaknya berbagai macam genre musik metal yang ada sekarang ini, maka semakin banyak pula diantara kita semua yang belum paham atau masih banyak ingin mencari tahu bagaimana asal muasalnya, apa dan bagaimana genre-genre tersebut dapat hadir dikancah musik sadis ini. Memang tidaklah mudah untuk mempelajari dan memahaminya, Namun tidak ada salahnya juga jikalau kita bisa memahami beberapa genre musik tersebut, untuk sebagai referensi buat kita pribadi dan kalau kita bisa paham serta mengerti maka tidak ada salahnya pula kita share kepada teman – teman kita semua.
Musik cadas yang biasa kita dengarkan dan ketahui adalah seperti: Heavy Metal, Speed Metal, Death Metal, Black Metal, Grindcore, Thrash Metal, Gothic Metal, Doom Metal, Industrial Metal, NU Metal, Folk Metal dan masih banyak lagi. Semua genre tersebut akan ada pembahasannya dan kita semua berharap dapat mengerti serta paham...’slowly but sure’. Hal ini sangatlah penting untuk kita ketahui semua walaupun saya yakin masih banyak dan ada diantara kita semua yang masih malas atau tidak peduli dengan pembahasan akan genre-genre tersebut. Entah apalah artinya, apakah mereka-mereka itu sudah sangat pintar atau...??? Saya pribadi pun masih ingin belajar banyak untuk mengetahui tentang berbagai macam genre yang kian mulai membingungkan dan banyak hadir di kancah musik cadas ini..... tentang asal – muasal, apa dan bagaimana kejadiannya.
Disamping itu, hal ini juga sangatlah penting untuk kalian semua yang ingin memiliki dan memainkan musik cadas alias ingin memiliki sebuah ‘band metal’, yang mana kalian haruslah mengerti dan paham genre musik yang bagaimana yang ingin kalian mainkan. Pahamilah terlebih dahulu akan semua itu baru kalian bisa menentukan dan memutuskan genre musik mana yang lebih kalian sukai....jadi jangan terkesan hanya sekedar ikut – ikutan alias jadi trend follower saja, tapi disini kalian harus benar – benar bisa paham dan mengerti bagaimana memainkan genre musik yang kalian inginkan tadi. Kita bisa melihat disekitar kita semua bahwa banyak sekali bermunculan band-band baru namun mereka semua itu belumlah tentu mengetahui, mengerti dan paham tentang karakter genre musik yang mereka mainkan dan ini adalah FAKTA yang telah terjadi disekitar kita dan biasanya mereka melihat pasaran genre musik mana yang lebih banyak digandrungi atau lebih disukai jaman sekarang ini atau bisa dikatakan ‘yang lagi naik daun’ (bukan ulat daun loh hahaha) maka mereka akan memainkannya dan jikalau peminatnya berkurang maka mereka itupun akan memainkan genre lainnya. Hal seperti inilah yang dikatakan sebagai ‘TREND FOLLOWER’ dan sampai saat inipun masih sering terjadi....dan tentunya hal tersebut sangatlah disayangkan karena mereka tidak bisa eksis dan kadang-kadang terkesan membubarkan diri lebih awal tanpa memberikan dan menghasilkan sebuah mahakarya serta membuat para pendengar / penikmat musik merasa bingung dan menjadikannya sebagai sebuah pertanyaan. Harusnya untuk mereka-mereka yang ingin memiliki dan mempunyai band metal bisa berpikir lebih dewasa dan kedepan lagi jika memang mereka benar-benar ingin bertahan serta terus eksis dikancah musik cadas ini, kita bisa melihat band-band di luar negeri sana seperti : Iron Maiden, Suffocation, Napalm Death, Megadeth, Metallica, Slayer dan untuk band-band lokal seperti Jasad, Death Vomit, Trauma, Siksa Kubur dan sebagainya. Kenapa band-band tersebut masih bisa eksis sampai sekarang ini....apa yang membuat mereka dapat bertahan begitu lama, itulah pertanyaannya yang perlu kita garis bawahi.
Kembali lagi mengenai genre musik, sebenarnya tidaklah rumit dan susah untuk mencari info-info tentang apa dan bagaimana genre musik metal tersebut. Kalian bisa dengan mudah mencarinya dan mengaksesnya di internet, tidak seperti jaman dulu....susah banget untuk mencari info-info tersebut. Yang terpenting, saya sarankan disini Kalian jangan jadi Pemalas aja hahahaha. Kalau orang mau belajar pasti dia akan terus mencari tahu apa yang dia inginkan dan Insya allah semua itu akan bisa tercapai.
Baiklah disini kita mencoba untuk menghadirkan secara garis besar tentang beberapa genre extreme musik metal yang lagi marak sampai saat ini.
Kita awali dengan :

Heavy metal

adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an, dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock. Aliran musik ini ditandai dengan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik di semua instrumentasi alat musiknya. Lirik heavy metal berkaitan dengan maskulinitas dan kejantanan.

Sejarah perkembangan musik metal


Nama Heavy metal digagas oleh band Hard rock tahun 1960'an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild (ada di baris kedua bait kedua). "I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under". Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul "Black Sabbath". Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues rock seperti Led ZeppelinAC/DC, Classic metal dan disekitar 60'an sampai 70'an atau disebut Classic rockseperti Black Sabbath, Blue Oyster CultDeep PurpleAlice Cooper. Permainan Classic metal. Musiknya dikendalikan oleh riff yang lebih bluesy.

EVOLUSI MUSIK
Berikut beberapa jenis metal :
70'an
Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni.  Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal lebih sering disingkat (NWOBHM), yang dipelopori Motorhead. NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dan lain lain. 
Awal 80'an
Awal era 80'an digawangi oleh band-band NWOBAM seperti MotörheadIron
MaidenVenom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam metal, Glam metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia.
Underground Metal: 1980, 1990, dan 2000-an :
Thrash metal dan Speed metal, Death Metal, Black Metal, Power Metal, Doom Metal dan Gothic Metal. 
90'an :
Alternative Metal, Industrial Metal, Punk Metal atau Crossover Thrash, Groove Metal, dan Grunge. 

Perkembangan terkini :
Folk Metal, Melodic Death Metal, Death Core dan New Wave of American Heavy Metal / NWAHM. 

(Bersambung ke bab 2...)



No comments:

Post a Comment