Friday, August 16, 2013

WAWANCARA DENGAN DIRTY INFAMOUS ‘BRUTAL DEATH METAL’ DARI KOTA JEMBER – INDONESIA




DIRTY INFAMOUS band yang berasal dari Kota Jember ini bukan merupakan band new comer dikancah musik bawah tanah, tapi band ini terbentuk cukup lama sekitar tahun 2001 dan sempat memuntahkan first full length album di tahun 2003 yang diberi title Die On Pure Adrenaline yang berisikan 8 lagu. Namun setelah berhasil merampungkan debut albumnya, tak lama band ini mengalami kevakuman yang cukup lama pula karena masalah klasik diantara personilnya sendiri. Dan kini mereka kembali mencoba untuk bangkit dan meramaikan musik sadis di Indonesia ini. Disini saya ingin mengingatkan kembali tentang album pertama Die On Pure Adrenaline bahwa album pertama mereka ini sempat mendapatkan respon yang sangat luar biasa dan mendapatkan rating review 72%. Tidak tanggung-tanggung label yang terkenal sadis dari Indonesia yaitu Rottrevore Records langsung melakukan deal dengan band ini dan juga label dari Czech Republic yaitu Bizzare Leprous Production, berminat untuk merilis album mereka dalam format Cd, merupakan suatu kebanggaan yang patut diacungi jempol untuk band mereka ini. Pada saat ini, Busuk Webzine telah mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan sang vocalis yaitu Looth Adler. Baiklah nggak usah terlalu banyak basa – basi, silahkan kalian simak wawancara ini.

DIE ON PURE ADRENALINE (Release 2003)
1. Euthanasia
2. Die On Pure Adrenaline
3. Unemaumbered Troops
4. Terkontaminasi Dalam Dimersi Babi
5. Mind Destruction
6. Social Confusion
7. Edless Torment
8. War is..... (Not Solution)...Bastard


John Yoedi : Hello bro.....apakhabar ? Terima kasih banyak atas waktunya untuk melakukan wawancara dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya share di blog ini. Baiklah, lagi ada kesibukkan apa saja di base camp DIRTY INFAMOUS saat ini ?

Dirty Infamous : Hail-o all @Busuk Webzine....Thanx atas kesempatan ini dan supportnya pada band kami. Kesibukan saat ini masih berbenah diri  sebaik-baiknya dan membuat materi utk album baru kami.

JY : DIRTY INFAMOUS sudah lama tak tendengar gaungnya di kancah musik bawah tanah ini, dan saat ini kalian ingin kembali mencoba untuk aktif lagi. Sebenarnya apa yang memotivasi kalian untuk kembali aktif lagi di kancah musik bawah tanah ini ?

DI : Yups bener, setelah released album terakhir kami bertitel “Die On Pure Adrenaline” kami dibawah naungan label Rottrevore Recs untuk versi Tape & Bizarre leprous Recs (czech) untuk versi CD , DI vakum lama coz terganjal dengan hengkangnya drummer saat itu (Ivan), dan belum menemukan player yang tepat, yang sesuai dengan typikal permainan kami, dan semakin parah lagi saat saya pribadi tersangkut masalah hukum yang membuat DI tenggelam dan hilang dari peredaran. Motivasi kami saat ini bangkit lagi coz Indonesia saat ini sudah berbeda  jauh atmosphere perkembangan band2  yang ada saat ini baik skill/performances/ mutu serta kualitas hasil recordingnya dibandingkan 1 dekade yang lalu, salut dengan perkembangan metalhead Indonesia saat ini...BRAVO...!!! Kami ingin berkarya lagi dan bisa meramaikan Indonesia kembali, dimana Indonesia sekarang sudah tidak dipandang sebelah mata lagi dan terbukti dengan label luar yang melirik bahkan merekrut band2 dari Indonesia ke dalam label mereka, Itu membuktikan bahwa band2 Indonesia gak kalah jauh dalam hal skill etc.  dari band2 dari luar sana...SUPPORT  INDONESIAN’S BAND...tetap semangat.

JY : Mungkin kalian disini bisa kembali untuk memperkenalkan band kalian lagi, Dan apakah ada pergantian atau penambahan untuk line up saat ini ?

DI : Yeahhh...seiring lamanya rentang waktu kami vakum...memang terjadi perubahan Line-Up, dimana saat ini kami bertiga , Saya masih tetap di Vox, Marmuchan (guitars), Ajisaka (drums) dan seorang additional bass player..

JY : Sebenarnya apa yang terjadi sebelumnya sehingga membuat DIRTY INFAMOUS vakum cukup lama ?

DI : Disamping hal seperti yang telah tertulis diatas....biasalah seperti permasalahan band2 pada umumnya, masalah klasik, kesibukan masing2 personil/masalah keluarga/kerja/tanggung jawab/ditambah masalah hukum yang saya alami.

JY : Dan apakah konsep musik yang kalian mainkan sekarang ini masih akan tetap sama seperti yang dulu atau ada sedikit perubahan ?

DI : Hmmm...Kami tidak terpaku pada style kami terdahulu, tapi kami coba meng-explore lebih luas lagi coz dengan adanya perubahan Line-Up tentunya juga akan berpengaruh terhadap typikal dalam bermain, sebab karakter masing2 personality itu berbeda basic maupun skill dan influences-nya... suattu hal yang wajarlah bagi kami dalam hal ini.

JY : Sejak band ini kembali aktif lagi, adakah materi lagu-lagu baru yang telah kalian persiapkan untuk second full length album terbaru ?

DI : Yups... Kami berusaha menampilkan dan ingin mengenalkan konsep kami pada khalayak nanti pada saatnya, sementara ini kami masih fokus untuk membuat materi2 baru.

JY : Dan dengar-dengar kalian akan segera memuntahkan Promo album yang berisikan 2 lagu. Bisa nggak diceritakan sedikit tentang promo album ini ? Apakah untuk promo album ini dikerjakan self release atau ?

DI : Hahahaha...ternyata isu lebih cepat menyebar sebelum ada tindakan real-nya. But...memang kami berencana untuk membuat promo CD berisi 2 buah lagu terbaru kami, dan kami bekerja sama dgn pihak Brutal Infection Recs. Untuk realisasi-nya, konsepnya ntar  dibuat package berisi CD promo+Tshirt dengan artwork untuk title promo package tersebut. Mudah2an semua lancar dan tidak menemui kendala apapun dalam prosesnya.

JY : Jika materi lagu terbaru tersebut telah komplit, adakah rencana dari kalian untuk merilis album kedua nanti dengan Labels/Records dari luar, seperti : New Standards Elite, Sevared Records, Uniqueleader Records, Coyote Records dan sebagainya ?

DI : Wahhh...kita gak mau mendahului hal2 atau apa2 yang belum terjadi....hehehe...but tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk melakukan itu, kami juga ingin berbicara luas diluar sana ....mudah2an terlaksana.

JY : Just as a side question....Bagaimana menurut kalian tentang Busuk Webzine (www.busukwebzine.blogspot.com)? Di Busuk Webzine, Kami mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan disamping itu juga Kami berusaha untuk tetap selalu update news.

DI : So far....its good, sangat2 membantu kepada band2 dalam memberikan info seluas2nya pada khalayak...baik dalam maupun luar negeri, jempol buat kalian semua, Good Works ... Good Jobs. Thanx Dudes... Hellyeah its amazing. (Red : Thanks a lot bro)

JY : Bisa nggak kalian mendiskripsikan instrument sound pada Dirty Infamous serta typical vocals yang bagaimanakah yang kalian sukai ?

DI : Hahahha...hmmm...Kami sedang mencoba untuk mencari sound berat/kasar dan berkesan kejam dengan deep guttural tentunya...disesuaikan dengan tema gore yang sadis.

JY : Kebanyakan tema lirik dari death metal menceritakan tentang anti religion, occultism, mysticism, Satanism, mutilation, torture, rape dan sebagainya. Apakah kalian menulis tema lirik seperti yang saya katakan sebelumnya atau ? Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal penulisan lirik dan siapa yang membuat konsep musik atau mengaransemennya di Dirty Infamous ?

DI : Dengan berubahnya Line-Up kami  juga merubah konsep lyrics dari socials ke gore.. bukan-nya latah dan ikut2an...jujur sebenernya konsep dirty di album2 sebelumnya pengen saya isi dengan lyrics bertemakan gore, cuma saat itu antar member ada perbedaan pendapat tentang lyrics jadi diputuskan untuk mengambil tema social setelah mengambil suara terbanyak, dan kebetulan saat itu saya dominan dalam pembuatan lyrics sampai saat ini...(masih harus belajar lebih banyak kosa-kata) mohon referensi + masukannya ntar ya. Untuk penulisan dan penciptaan aransemen kami kerjakan bersama...
konsep awalnya memang dari saya pribadi...cuma saya open mind buat member untuk memberikan ide sehingga bisa menghasilkan karya yang seperti kami inginkan.

JY : Dengan bangkitnya DIRTY INFAMOUS ini maka logo dari band kalian juga ada perubahan dan untuk logo terbaru kali ini sangat sick dan sadis. Siapa yang memiliki ide dan membuat logo pada band kalian ? Apakah kalian melakukan semacam audisi untuk logo band tersebut ?

DI : Yups...bener brotha...konsep awal memang saya menginginkan satu logo yang terkesan sadis sesuai konsep baru kami, Cuma saya tidak bisa mengaplikasikan kedalam bentuk visual. Sekali lagi kalian benar, kami mengadakan audisi dalam pembuatan logo, trus Kami saring dan bicarakan dengan members yang lain terus kami putuskan bersama.
Thanx buat “Dyan TormeNt’s”...” Yudi Deranged”....telah menyumbangkan hasil karya mereka terhadap kami... “Soni Amorpathi”  thanx guys...its awesome logo...SICK...!!!

JY : Apakah rencana kedepan dari DIRTY INFAMOUS ? Adakah rencana untuk merilis ulang album pertama kalian ‘Die on Pure Adrenaline’ saat ini ?

DI : Ohhh....GODzzzzzzzzzzz.......bener2 tajem dan terpercaya info2 yang kalian dapatkan, bener2 akurat ..salut...(sambil batuk tersedak minum kopi) .... hmmmm... belum bisa komen lebih lanjut...sorry. (Red : No worries bro)

JY : Bisa nggak kalian berikan ‘Top Ten Death Metal Album Cds’ list ?

DI : Disgorge USA (all albums), Deeds Of Flesh (Trading Pieces+ Path of Awakening), Gorgasm (Stabwound), Abnormality, Cerebral bore, Cannibal Corpse (The Bleeding), Origin.

JY : OK terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab wawancara dari Kami. Sukses selalu untuk band kalian ‘Dirty Infamous’. Adakah last message untuk para death freaks dan Busuk readers disini ?

DI : Hellyeah....thanx a lot for interesting us....keep support underground...
No More Left To Say.....who said we die...???? we were here....!!!!
Thanx  for  never  ending supporting us  through over the years.....You rule...!!!
Thanx for all dudes @ Busuk Webzine..... its great zine...
Thanx for the bands /scene/labels/recs @Indonesia & Worldwide.....
Thanx for all MetalHeads...........Keep support your Locals Underground band....
Cheerzzzzzz......

Notes : (So sorry we can’t display our pics yet....soon will be....)
Thanx for all......\m/\m/\m/\m/\m/\m/\m/\m/\m/\m/

(Diwawancarai oleh John Yoedi, 16 Agustus 2013)



No comments:

Post a Comment