Sunday, November 27, 2011

INTERVIEW: Devastation (Samarinda, East Kalimantan, Indonesia) Interview (Bahasa Indonesian)



Ini dia satu lagi band dari Samarinda yang sangat saya suka dari dulu yaitu Devastation yang mana beberapa bulan lalu mereka telah selesai menggarap Demo album pertamanya yang diberi title ‘Mati Itu Solusi’. Dalam demo album pertama ini terdapat 6 lagu yang memang benar-benar akan menghancurkan gendang telinga kalian semua. Karakter vocal yang sangat power dan full emotional dari ‘Mambox’ memberi kesangaran dalam demo pertama ini . Ok lebih baik kalian simak saja wawancara singkat Saya dengan mereka. 

JY : Hi broSelamat yah atas rilisan demo album terbaru mu  yaitu 'Mati Itu Solusi'. Jadi apakah kalian sangat benar-benar senang dengan respons yang kalian dapatkan sampai saat ini ?

DV : Salam hangat persahabatan...untuk demo ‘Mati Itu Solusi’ menurut saya ,masih banyak yang kekurangannya, terutama masalah sound dan kami masih belum merasa puas.

JY : Baiklah ,Disini pembaca kami ingin tahu lebih banyak tentang band kamu ‘Devastation’.  Karena seperti yang kita ketahui, tidak terlalu banyak deathfreaks di luar kota yang tahu tentang band kamu tapi saya sangat menyesal jika persepsi saya ini salah hahaha. Jadi ini sangat penting bagi kami. Ok bisakah kamu ceritakan secara singkat tentang terbentuknya Devastation Apakah sejak mulai pertama kali terbentuk ada pergantian line up sampai sekarang ini ?

DV : Terbentuk dari sekumpulan muda mudi kampung jawa, alasannya karena suka musik metal dan ingin punya band metal heheheh. Diawalin dari kampung jawa Samarinda di tahun 2000 dengan line up yaitu : Mambox ( Vocalis) , Hans (Drums), Eka (Bassis) dan Ujang (Gitaris) dan formasi ini bertahan sampai tahun 2003. Adanya perubahan formasi dikarenakan masalah pekerjaan. Dan line up saat ini yaitu Bowo (Bassis), Eko (Gitaris), Tavo (Gitaris), Mambox (Vocalis) dan Faras (Drums) sampai 2011 dan pada pertengahan 2011 Faras fokus ke Engorging karena persiapan tour dan untuk mengisi kekosongan itu  posisi drum digantikan oleh adik faras yaitu Icun.

JY : Mengapa Anda memutuskan untuk memakai nama 'Devastation’Apa ada arti yang sangat signifikan dengan nama tersebut ?

DV : Kami memutuskan memakai nama …Devastation yang berartikan kehancuran secara besar-besaran. Banyak kejadian di bumi ini, musibah terjadi di seluruh dunia…maka dari itulah kami menamakannya Devastation.

JY : Bisa nggak kalian ceritakan tentang proses recording untuk demo album ‘Mati Itu Solusi’? Berapa banyak lagu dan apakah kamu sudah merasa puas?

DV : Proses recording memakan waktu sekitar  4 bulan.  Dan terdapat 6 lagu diantaranya : Mati itu solusi, Korban mutilasi, Janin suci, Lawan atau binasa, Kehancuran dunia, dan Wajah penguasa.

JY : Dalam demo album kamusaya sangat suka dengan gaya vocal mu yang penuh emosi dan kuat. Apakah sejak terbentuknya Devastation sampai saat ini gaya vocal mu memang seperti itu ? bukan deep guttural seperti yang pernah saya liat sebelumnya. Bisakah kamu jelaskan hal ini ?

DV : Untuk karakter vokal saya suka emosional vocal style. Banyak mengalami perubahan dikarenakan masuknya teman-teman di Devastation.

JY : Bisa nggak kamu mendiskripsikan Devastation dalam hal music ? Dan siapa pengaruh utama mu dalam hal music ini ?

DV : Pada tahun 2000 kami mengusung music grindcore, seiring dengan adanya perubahan line up maka Devastation mengusung brutal death metal. Dan yang mempengaruhi dalam hal music kami tentunya band-band seperti Vile, Nile, Pyaemia, Disgorge, Jasad , Death Vomit dan sebagainya.

JY : Hal tentang apa saja yang kamu muntahkan di dalam pembuatan lirik –lirik lagu mu Apakah ada tema yang khusus dalam pembuatan lirik lagu ?

DV : Hal yang kami muntahkan dalam lirik lagu kami yaitu tentang banyaknya moral yang telah mati, sisi manusia yang serakah, kemunafikkan, penderitaan terhadap kaum lemah dan tema sosial kemanusiaan.

JY : Sejak kapan kamu mulai mendengarkan atau suka death metal ? Apakah kamu suka mendengarkan genre lainnya ?

DV : Sejak SMP Saya suka mendengarkan  Metallica, Sepultura dan zaman Arul Power Metal. Dan memberanikan diri pada tahun 1999 ke music death metal yang enerjik terkandung lirik pemberontakan dan irama cadas. Yah kami juga suka mendengarkan  genre lain seperti dangdut koplo (wuhahaha, cool bro –ed) , Sagita, Power Metal dan juga music Reggae (ahh kalo yang terakhir ini ane juga doyan dengerinnya bro-ed)

JY : Apakah di antara kalian ada yang mempunyai band project selain di Devastation ?

DV : Yah salah satu dari Kami ada yang punya band project yaitu Faras yang sekarang main di Engorging.

JY : Bagaimana menurut mu tentang perkembangan Scene metal di Kalimantan timur umumnya dan di Samarinda khususnya ? Bisakah kamu rekomendasikan ke kami tentang band-band yang bagus di area mu ?

DV : Menurut saya perkembangan scene di Kalimantan Timur cukup pesat perkembangannya dan juga  adanya event metal tiap bulan . Generasi metalheads terus berkembang, khususnya  di Samarinda kalau dilihat dari setiap event metal banyak dipenuhi oleh para metalheads mulai dari kaum adam hingga kaum hawa. Band death metal Samarinda yang bisa saya rekomendasikan disini yaitu : Total busuk, Malvomed, Engorging dan Abyysal.

JY : Ok sebelum menutup interview ini, tolong sebutkan 10 Cd album list terbaik tahun 2011 menurut versi mu , 5 Band dari luar dan 5 band local ?

DV : Hehehe untuk album list terbaik 2011 saat ini yaitu : Condemned ‘realms of the ungodly’, Putridity-‘degenerating antrophagical euphoria’,Disemboweled ‘crops -vivisection and burning of the bowels’, Beheaded-‘ T.B.A.’,  Vile ‘Metamorphosis’ dan untuk band local yaitu : Wafat -‘Exhausted Souls’, .Jasad ‘Rebirth Jatisunda’, Death Vomit , Turbidity ‘Suffering Of Human Decapitated’ dan Engorging.

JY : Terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari Kami dan  semua yang terbaik untuk Devastation ? Adakah pesan untuk pembaca Busuk Webzine dan para death freaks disini ?

DV : Terima kasih juga kawan. Salam persahabatan dari kami Devastation Samarinda.Cintai produk local ‘merdeka’!!!
kunjungi juga facebook kami di : http://www.facebook.com/devastation.smd atau 
http://www.facebook.com/pages/DEVASTATION-Samarinda-Death-Metal-Official

(Diwawancarai oleh John Yoedi, November 25,2011)

5 comments: