Wednesday, March 20, 2013

INTERVIEW dengan OVERLOAD ‘Thrash Metal dari Kota Balikpapan – Kalimantan Timur



OVERLOAD adalah merupakan salah satu band yang memainkan genre Thrash Metal dan terbentuk di Kota Balikpapan pada tahun 2007. Sejak band ini terbentuk sampai sekarang ini sempat mengalami pergantian personil namun mereka tetap terus mencoba mengibarkan bendera trash metal di kota minyak ini agar dapat bermuncullan band-band trash metal baru lainnya. Members dari band ini masih tergolong muda dan mereka tiada hentinya untuk terus dan berusaha mengerjakan materi-materi lagu baru yang nantinya akan segera direcording pada waktu dekat ini. Baiklah, disini Saya diberikan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan mereka ‘OVERLOAD’.  Silahkan kalian simak wawancara singkat Kami ini…lets cekidot nau.....

John Yoedi : Alo Jal….Apakhabarmu dan juga teman-teman di Overload ? Terima kasih telah meluangkan waktunya dan bersedia menjawab beberapa pertanyaan dari BUSUK WEBZINE. Disini Saya dan Kieran James (Australia) telah share di blog ini. Lagi ada kesibukkan apa untuk saat ini?

Jalio : Yah … Kami semua disini baik-baik aja … Sehat wal-afiat … Kesibukan sekarang lagi garap lirik lagu kedua nih … Hehehe …

JY : Sebagai pemanasan, bisa nggak Kamu ceritakan secara singkat tentang terbentuknya band Overload ini ? Apakah sejak awal ada pergantian personil sampai sekarang ini?

Jalio : Wah ini dia … Sejarahnya ga begitu tau menau sih … Maklum personil baru wkwkwk … Tapi waktu itu sempet di kasih tau … Hehehe … Jadi katanya berawal tahun 2007, dari kumpul-kumpul biasa … Sampai akhirnya ngejam bareng dan membentuk band yang terinfluence band-band thrash metal local seperti Thrashline, Bromo, dan Betrayer dengan lineup awal Edmond (vokal)-Rosii (drum)-Adil(bass)-Nounsick(gitar) … Sampai akhirnya berjalan 3 tahun, band kami mengalami pergantian personil, yaitu Edmond (vokal) & Rossi (drum) digantikan oleh saya, Jalio (vokal) dan Topan yg mengisi kekosongan drum … Dan dari tahun 2010 sampai sekarang formasi ini tetap bertahan yaitu Adil pada bass, Nounsick pada gitar, saya (Jalio) mengisi vokal, dan Topan tukang gebuk drum.

JY : Siapa saja current line up Overload ? Dan, apakah kamu yakin dengan formasi saat ini bisa bertahan lama?

Jalio : Yak, seperti yang sdh diberi tau di atas, Adil (bass)-saya, Jalio (vokal)-Nounsick (gitar)-Topan (drum). Mudah-mudahan dengan formasi ini kami masih bisa eksis di dunia musick underground \m/

JY : Menurutmu siapa yang mempunyai Ide pertama kali untuk memakai nama Overload? Apakah kalian yakin nama ini cocok dengan jenis music yang kalian mainkan? Adakah arti /makna dari nama itu sendiri menurut opini kalian?

Jalio : Itu ulah si kecil mucil Adil bassist gila :p Berawal dari buka-buka kamus bahasa inggris dan sampai akhirnya menemukan nama OVERLOAD cocok untuk dipakai sebagai nama band kita … Maknanya sendiri  yah seperti yang ada di kamus … kelebihan muatan/kelebihan beban, ya jadi kami ibaratkan band kami mempunyai musick yang kelebihan muatan, atau musick yang orang awam tidak bisa cerna sampai otak mereka kelebihan beban … (ngomong apa sih ini) yah pokoknya begitulah hehehhe …

JY : Setelah Saya membaca bio’s band kalian yang mana Overload ini terbilang band yang terbentuk cukup lama ditahun 2007 dan sampai sekarang masih aktif….hampir sekitar 7 tahunan. Adakah suatu mahakarya yang telah kalian hasilkan sampai saat ini…seperti demo atau full length album?

Jalio : Belum ada sama sekali … Kami baru hanya menciptakan 1 lagu tahun 2012 kemarin dengan judul “Dosen Profesional” dan itu pun belum di record.

JY : Jika belum ada, kapan sekiranya kalian berencana untuk melakukan recording untuk demo atau full length album tersebut ?

Jalio : Kurang tau juga sih kapan rencana kami untuk record 1 lagu demo itu, tapi mungkin setelah lagu kedua kami ini selesai … Tunggu saja lah hehehe.

JY : Yang mana sebenarnya yang membuat kalian lebih enjoy atau paling penting,….Manggung atau focus untuk recording materi lagu baru?

Jalio : Sementara sepertinya manggung is the first one and recording is the second.

JY : Bagaimana kalian mendiskripsikan OVERLOAD kedalam hal musik? Band-band apa saja yang mempengaruhi musik kalian?

Jalio : Musick kami akan membuat para pendengarnya merasakan kelebihan muatan! Hahahasick …Musick kami ini terpengaruh band thrash local macam Betrayer, Bromo, Thrashline dan juga dari mancanegara seperti Sepultura & Kreator

JY : Sudah ada berapa materi lagu baru yang telah kalian hasilkan sampai saat ini? Dan lirik lagu kalian menceritakan tentang apa saja?

Jalio : Baru satu selama 7 tahun! Hiks… Itu pun berjudul “Dosen Profesional” … Liriknya berdasarkan kisah nyata saya sebagai mahasiswa, yang melihat seorang dosen yang selalu menomor satukan materi dalam pengajarannya, dan itu pun menjadikan inspirasi saya untuk menulis sebuah lagu.

JY : Apakah lagu-lagunya memakai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia?

Jalio : Kayaknya bakal pake bahasa Indonesia aja deh, kalo bahasa inggris ntar d marahin Nounsick si gitaris … wkwkwk.

JY : Sejak kapan kalian mulai mendengarkan dan menyukai musik Thrash Metal ini Apakah kalian menyukainya dari hati kalian sendiri atau adanya pengaruh dari seorang teman?

Jalio : Kalo teman-teman yang lain pastinya dari hati mereka masing-masing … Tapi kalo saya menyukai Thrash Metal saat mulai bergabung dengan Overload … Sampai akhirnya saya tau apa thrash metal itu sendiri … Bukan berarti saya tidak suka metal sebelum masuk Overload, sebelum masuk overload saya memang suka mendengarkan musick yang bergenre Death Metal, Black Metal, Metalcore, dll.

JY : Bagaimana menurut kalian tentang perkembangan scene metal di Kota Balikpapan?

Jalio : Semakin maju dan berkembang dengan pesat! Apalagi banyak anak muda sekarang … Yah mudah-mudahan saja mereka mencintai musick metal tidak pada saat trend-trendnya saja … Tapi kalau bisa makin tua makin metal \m/

JY : Serta bagaimana tanggapan atau respon kalian tentang beberapa event (event metal katanya sih….hahaha) yang diadakan di Balikpapan namun si Event Organizer belum tentu paham benar akan seluk beluk musik metal? Yang terpenting dari mereka yaitu acaranya lancar, terlaksana serta beres namun di sisi lain mereka juga kurang memperhatikan tentang sound system. Apakah kalian akan tetap ikut berpatisipasi untuk event tersebut atau kalian lebih memilih uang pendaftarannya ditabung untuk rencana recording demo/album kalian nantinya?

Jalio : Kalau kami tetap berpartisipasi aja dulu … Tetep support … Urusan mereka tau atau tidaknya metal belakangan … Yang penting kami tetap eksis di dunia musick underground …    

JY : Apa rencana kalian kedepan bersama dengan Overload?

Jalio : Selesaikan lagu kedua terus di record deh … Yah mungkin itu aja … Doakan ya kawan-kawan semoga cepat selesai.

JY : Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari Kami. Sebelum menutup wawancara ini, adakah pesan-pesan untuk Busuk Webzine dan Pembaca disini?

Jalio : Stay tuned on Busuk Webzine, karena masih banyak band-band ngerik lainnya yang akan diwawancarai di sini … Mohon maaf jika ada salah kata atau ada kata-kata yang gak enak di hati, ambil sisi positifnya aja J Well, thanks juga om John Yoedi & Kieran James yang udah interview band kecil kami ini … Keep Thrashin! \m/

(Diwawancarai oleh : John Yoedi , 3 Maret 2013)

Click this link if you want to know more this band :  http://www.facebook.com/OVERthrashLOAD

No comments:

Post a Comment