Thursday, January 19, 2012

Wawancara dengan ABSORPTION ( Death Metal dari Depok - Indonesia )


Hello kawan, terima kasih banyak telah mendukung Busuk Webzine dan telah berkenan untuk melakukan wawancara dengan kami. Saya dan Kieran James selalu mendukung band-band dari Indonesia. Jadi, bagaimana khabarmu sekarang kawan serta personil lainnya ? Dan lagi sibuk apa saja di Absorption base camp untuk saat ini ?

Absorption : Kabar kami baik. Kami sedang sibuk mencari sebongkah berlian untuk kelangsungan band ini hehehe...

JY : Baiklah, pertama-tama bisa nggak kalian ceritakan secara singkat tentang terbentuknya Absorption ? Siapa saja line up pada band ini ?

A : Awalnya band ini terbentuk dari tahun 2008, dengan nama An Autopsy ( Death Metal ).
Namun di akhir tahun 2009, An Autopsy berinkarnasi menjadi Absorption yang terlahir dari pemikiran total untuk mematangkan konsep dari band awal kami tersebut. Technical Brutal Death Metal, genre yang kami ikatkan bersama jiwa kami. Menjadikan kami begitu total dan leluasa dalam berkarya. Dengan Ricky (Vocal), Rowman (Guitar), Wyn (Guitar), Jossua (Drum).

JY : Apa yang membuat kalian memutuskan untuk memakai nama Absorption ? Apakah ada arti yang sangat signifikan? Dan siapakah yang mempunyai ide untuk memakai nama tersebut ?

A : Mengapa kami menggunakan nama Absorption, pada awalnya kami berencana untuk mengganti nama An Autopsy. Karena kami ingin merubah konsep bermusik, akhirnya kami pun berniat untuk merubah nama band agar terdengar lebih fresh dan masuk untuk konsep kita saat ini. Akhirnya, Ricky, vokalis kami mengajukan nama Absorption, yang tercetus dari kandungan ayat yang berarti Penyerapan. Di nama Absorption ( Penyerapan ), diambil dari perjalanan akhir dari kehidupan manusia yang mati menjadi jasad, membusuk, dan menyerap dengan tanah. Karena tujuan kami untuk mencapai klimaks bermusik dan cara pikir kami untuk lebih dewasa menuangkannya didalam sebuah karya. Kami pun sepakat menggunakan nama Absorption hingga saat ini.

JY : Bagaimana kalian menjelaskan atau mendiskripsikan Absorption ke dalam hal music ?

A : Kami hanya menterjemahkan apa yang ada di dalam isi hati yang kami rasakan dan menuangkannya  ke dalam karya yang kami ciptakan, tanpa sekatan, tanpa batasan, karena kami bermusik dengan ketulusan.

JY : Dan apa alasan kalian untuk menyukai atau memainkan music death metal ini ?

A : Mengapa kami memainkan genre ini, karena Death Metal menurut kami adalah ketotalan. Ketotalan dalam bermusik. Sebuah kasta musik yang agung. Dimana kami dapat mengeksplore segalanya disini dalam bermusik. Kami bangga memainkan musik kematian.

JY : Sejak band ini terbentuk, adakah suatu mahakarya yang sudah pernah kalian muntahkan seperti promo album, full length album atau kompilasi death metal ?

A : Sejauh ini, kami berusaha keras untuk segera menyelesaikan segala bentuk materi yang kami ciptakan untuk secepatnya terbentuk dalam suatu album yang kami idamkan. Namun saat ini kami sudah mengikuti beberapa kompilasi death metal, yaitu Bersatu Sampai Membusuk Vol.2 ( Ratakan Hitam Bawah Tanah ) dan Pantura Metal Kingdoms ( Hitam Putihkan Indonesia ).

JY : Sampai sejauh ini, di kota mana saja kalian pernah tampil ? Dan di event metal manakah yang menurut kalian paling berkesan ?

A : Sejauh ini, kami baru tampil di daerah Bogor, Depok, Bekasi, dan Jakarta saja. Sebenarnya banyak tawaran untuk tampil di luar kota maupun pulau, namun sering sekali terbentur oleh aktifitas dari masing-masing personil yang tidak memungkinkan untuk bisa tampil di luar sana sekarang-sekarang ini. Semua event mungkin sangat berkesan untuk kami, dan setiap kota atau daerah mungkin memiliki kenangan tersendiri yang memberikan kesan yg berbeda-beda bagi kami.

JY : Bagaimana menurut pandangan kalian sejauh ini tentang perkembangan scene death metal, khususnya di kota kalian sendiri ? Apakah ada band-band yang patut di waspadai ?

A : Sejauh ini perkembangan musik Death Metal seperti turun menurun diwariskan dari band-band senior dan sampai ke generasi kami, jika ditanya diwilayah kami. Depok sedang membutuhkan metalhead dari wilayahnya sendiri agar band-band Death Metal diwilayah ini berani untuk bermunculan. Band yang patut diwaspadai ? Mungkin semua band dari Cimanggis daerah Depok bagian luar, wilayah yang dihuni oleh orang-orang yang extreme, yang mempunyai musikalitas yang tinggi, dan mereka sangat berbahaya !!! Hehe..

JY : Satu lagu dari kalian yang telah saya dengar di situs kalian, sangatlah menyakitkan dan brutal. Apakah kalian hanya memiliki satu buah lagu sampai saat ini, yang telah selesai direkam atau ? Dan apakah sangat sulit untuk melakukan rekaman di kota kalian ?

A : Terimakasih sebelumnya atas komentar anda, kami memiliki 3 buah lagu, dan baru satu lagu yang sempat kami demo dan kami upload di situs. Jika ditanya cukup sulit, kami rasa tidak, disini banyak studio yang menawarkan fasilitasnya untuk bisa memaksimalkan materi atau lagu yang kami buat.

JY : Apakah ada band-band death metal lainnya yang mempengaruhi Absorption dalam hal music ?

A : Ada, seperti Gorgasm, Dying Fetus, Necrophagist, Braindrill, Pyaemia, Nile dan masih banyak lagi band yang mempengaruhi musik kami.

JY : Menceritakan tentang apa saja lirik lagu kalian ? Bagaimana kalian mendapatkan inspirasi untuk membuat lirik lagu ? Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal pembuatan lirik lagu, Apakah semua personil ikut terlibat ?

A : Lirik lagu kami bercerita tentang sesuatu atau cerita yang kami tanggapi dengan kritis dan benar-benar kami mengerti, sebisa mungkin tidak hanya sekedar selembar kertas berisi lirik atau syair, tetapi kami coba untuk memasukkan sebuah makna yang kuat didalamnya. Semua personil pun ikut terlibat pada pembuatannya. Namun pada tahap akhir, Ricky vokalis kami lah yang menyelesaikan hingga terbentuk susunan kalimat-kalimat yang pas dengan musik yang kami buat.

JY : Apa saja kegiatan kalian selain nge-band ?

A : Kuliah dan kerja.

JY : Apakah tujuan dan rencana kalian untuk band ?

A : Semua impian band, terutama Death Metal adalah mempunyai album, semoga suatu hari kami diberi kesempatan hehe.. Tidak cuma itu saja, semoga karya yang telah kami ciptakan dapat diterima di seluruh khalayak khususnya para metalhead di seluruh dunia..http://static.ak.fbcdn.net/images/blank.gif

JY : Apakah ada masalah untuk mengadakan event metal di kota mu, seperti masalah dengan pihak kepolisian ?

A : Tidak juga, pihak kepolisian bisa diajak kerja sama. Karena Metalhead sekarang ini sangat mensupport penuh kepada event dan band yang bermain didalamnya. Jadi jarang sekali ada kejadian atau tindakan anarkis.

JY : Band-band local apa saja yang kalian sukai ? Apakah band-band local tersebut memberikan pengaruh kedalam music kalian ? Karena seperti yang saya baca di profile Absorption, yang mana music kalian sangat terpengaruh oleh band-band luar seperti : Suffocation,Devourment,Dying Fetus,Gorgasm dan sebagainya.

A : Jasad, Bleeding Corpse, Tengkorak, Siksa Kubur, Rotor, kami sangat menyukainya.. Dan sebenarnya masih banyak lagi band-band yang sangat mempengaruhi musik kami yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu.
Tidak dipungkiri kami terpengaruh oleh musik-musik mereka dan band Death Metal lainnya. Karena mereka memiliki musikalitas yang tinggi dalam scene Death Metal.

JY : Ok sebelum menutup wawancara ini, Apa planning kedepan dari Absorption ?

A : Terus memberikan karya yang nyata untuk musik Death Metal khususnya untuk Metalhead Indonesia yang amat sangat besar, semoga kita bisa ambil bagian dari suburnya musik bawah tanah dinegri ini.

JY : Terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan singkat dari kami. Adakah pesan-pesan untuk Busuk webzine dan juga untuk para pembaca lainnya ?

A : Semoga Busuk webzine selalu diterima oleh masyarakat, dan terus mengambil cerita dari band Death Metal Indonesia sehingga seluruh khalayak dapat mengetahui profile detail dari band-band yang kian banyak bermuculan hingga saat ini. Maju terus musik Death Metal khususnya Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, visit : 



(Diwawancarai oleh : John Yoedi, January 14, 2012)



No comments:

Post a Comment