Tuesday, June 4, 2013

WAWANCARA DENGAN INJURY DEEPEN ‘BRUTAL DEATH METAL’ DARI CIBINONG, BOGOR – INDONESIA

Ini dia band dari Cibinong – Bogor yaitu ‘INJURY DEEPEN’. Band yang terbentuk cukup lama sekitar 2008 ini beberapa waktu lalu sempat memuntahkan first full length albumnya yang diberi title ‘Entrails of Infected Corpse’ yang berisikan 8 track full fast and brutal…yang dirilis oleh label dari Thailand yaitu Brute Productions. Dan barusan ini juga mereka melakukan sign contract dengan label dari USA yaitu New Standard Elite / NSE untuk persiapan album kedua mereka nantinya. Jadi mereka saat ini lagi kerja keras untuk mempersiapkan materi-materi lagu baru untuk album keduanya.  Pada kesempatan ini…mereka memberikan waktu luangnya  untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Busuk Webzine…..
So silahkan langsung kalian simak aja hasil wawancaranya:

John Yoedi : Hello bro…. Apakhabar ? Terima kasih banyak telah meluangkan waktu nya untuk melakukan wawancara dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya telah share di blog ini. Baiklah, kesibukkan apa saja yang sedang berlangsung saat ini base camp nya Injury Deepen ?

INJURY DEEPEN : Haloo juga bro... ALHAMDULILLAH sehat selalu...rutinitas kami sehari- hari, ya fitness lah guna mengencangkan otot - otot yang kendor pasca rilis album pertama hahahahahahahahaha....

JY : Firstly…..sebagai pemanasan. Bisa nggak kalian perkenalkan current members dari Injury Deepen ? Dan ceritakan sedikit gimana band ini bisa terbentuk dan solid sampai sekarang ?

INJURY DEEPEN : Berawal dari perkenalan di tempat fitness antara RAMA LINDUNG dan IBOY (eks GELGAMESH drum) dan saat itu memiliki ide untuk membuat project lalu berlanjut ke dalam studio... seiring berjalannya waktu mereka berdua berjumpa dengan seorang musafir dari Wonogiri bernama VIANT MORT yang mengisi posisi Vocal. Dari formasi ini kami sempat mengeluarkan demo yang berisi 2 lagu pada tahun 2009 dan 4 lagu pada 2011. Dikarenakan kesibukan yang tidak bisa dihindari lagi, IBOY terpaksa meninggalkan band ini. Di tengah kekosongan pada posisi Drums, Kami bertemu sosok pria misterius dari kampung PAJELERAN bernama FADEL.

JY : Mengapa di Injury Deepen, kalian tidak memakai seorang pemain bass ?  Apakah sulit untuk mendapatkan seorang pemain bass atau masih belum mendapatkan pemain bass yang cocok dan yang sesuai dengan karakter yang kalian inginkan untuk mengisi kekosongan tersebut.

INJURY DEEPEN : Yups…Kami memang belum mendapatkan pemain BASS yang cocok dengan karakter band kami ( rata - rata yang melamar tidak MACHO dan KEKAR).....hahahha..

JY : Kalian telah berhasil memuntahkan first full length album dengan title ‘Entrails of Infected Corpse’ yang dirilis pada bulan November 2012 yang berisikan 8 track. Bagaimana respon yang kalian dapatkan sampai sejauh ini dari para death freaks dan juga beberapa media zine ?

INJURY DEEPEN : Syukur ALHAMDULLILAH kami mendaptkan respon yang ruAAARRRRR binasa.........

JY : Dan bisa nggak kalian ceritakan sedikit tentang proses pengarapan album
‘Entrails of Infected Corpse’ ini ? Butuh waktu berapa lama dan berapa copy cd untuk perilisan album perdana ini ?

INJURY DEEPEN : Untuk album ini kami melakukannya di 3 studio berbeda    
( DRUM/ masterplan Bandung, GUITAR dan BASS/ ec3 jakarta, serta VOCAL/mbah jenggot Cimanggis ) . Dan untuk penggarapan materi sendiri Kami membutuhkan waktu kira - kira 8 bulan setelah masuknya Fadel.

JY : Dan apakah segala sesuatunya sesuai dengan yang kalian harapkan sebelumnya ?

INJURY DEEPEN : Menurut kami ALHAMDULILLAH berjalan mulus....

JY : Sebelum kalian memuntahkan album perdana ini, kalian juga telah berhasil memuntahkan 2 demo album yaitu ditahun 2009 dan ditahun 2011. Dan semua lagu dari kedua demo tersebut kalian kemas ke dalam full length album 2012 dan kemudian digabungkan dengan 4 lagu terbaru. Apa alasan dari Kalian untuk memasukkan kembali lagu-lagu dari demo tersebut kedalam album perdana ini ?

INJURY DEEPEN : 4 lagu tersebut memang kami masukkan ke dalam full length, namun semuanya kami aransement ulang jadi …WHY NOT ?

JY : Full length album 2012 kalian diberi title ‘Entrails of Infected Corpse’, yang mana title album tersebut juga merupakan sebuah lagu dalam album. Mengapa kalian lebih menyukai untuk memakai title lagu ini ? Apakah lagu ini memiliki arti yang sangat signifikan atau ?

INJURY DEEPEN : Yups... Kami rasa title tersebut mewakili inti dari konsep cerita album pertama kami.

JY : Ketika saya mendengarkan beberapa lagu dari Injury Deepen di web link kalian. Sound yang kalian hasilkan terdengar sangat US style dan juga terpengaruh dari beberapa band-band brutal seperti Brodequin, Cinerary dan lainnya. Apa alasan kalian lebih menyukai US Style ini ? Apakah kalian memiliki ciri khas/style untuk karakter sound musik sendiri ?

INJURY DEEPEN : Ya memang kami menyukai US style khususnya California style namun kami tetap memiliki ciri khas/style sendiri yang tidak dapat di deskripsikan dengan kata - kata hahhahahahahahahaha.....................

JY : Bisa nggak kalian mendiskripsikan masing-masing instrument sound dan vocals style yang gimana yang kalian sukai ?

INJURY DEEPEN : Ga mau ahh.... pokoknya kalian harus melihat perform kami
secara langsung untuk mengetahuinya wkwkwkwkwkwkwkw...( penasaran ni yeee )

JY : Mengenai masalah tema lirik lagu….kebanyakan tema lirik dari band-band death metal menceritakan tentang Mutilation, Torture, Rape, Violence dan sebagainya. Apakah tema lirik yang kalian tuangkan merupakan cerita fiksi atau ? Dan adakah film-film, buku cerita atau yang lainnya, yang dapat memberikan kalian inspirasi dalam hal penulisan lirik lagu ?

INJURY DEEPEN : Kami mendapat inspirasi tema lirik dari wangsit yang dibisikkan di kala VIANT MORT tertidur pada siang hari di bawah pohon beringin huahahahahahahaha.........!!!!

JY : Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal penulisan lirik lagu di album Injury Deepen, Apakah semua member yang lain juga ikut terlibat ? Serta siapa yang mengaransemen musik ?

INJURY DEEPEN : Semua member INJURY DEEPEN terlibat baik lirik yang ter surat dan ter sirat.....

JY : Mengenai masalah artwork pada album ‘Entrails of Infected Corpse’, sangatlah sick dan awesome. Siapa yang memiliki ide dalam hal artwork ini ? Dan apakah kalian puas dengan hasilnya serta apakah artwork tersebut telah mewakili seluruh lirik lagu-lagu pada album Injury Deepen ?

INJURY DEEPEN : Lagi-lagi bisikan gaib yang menginspirasi konsep dari artwork tersebut.... ALHAMDULILAH puas.. puas...puas..puas....

JY : Baru-baru ini tendengar berita bahwa Band kalian Injury Deepen telah melakukan sign contract dengan Label Brutal Death dari California-USA yaitu New Standard Elite / NSE. Bisa nggak kalian ceritakan sedikit ….Bagaimana deal ini bisa terjadi ? Dan apakah deal ini hanya untuk perilisan satu album saja atau ?

INJURY DEEPEN : Dan lagi lagi dan lagi pemilik label tersebut ternyata mendapatkan WANGSIT juga yang isinya sebagai berikut " Hai Daniel segeralah kontrak band ngawur itu , niscaya rejeki mu akan melimpah 7 turunan ". Yups….untuk saat ini kontrak yang berjalan hanya untuk satu album.

JY : Yah…mungkin kalian juga telah mengetahui band-band brutal death dari Indonesia yang sebelumnya telah sign dengan NSE seperti Lumpur dan Gore Infamous….serta Asphyxiate juga telah sign baru-baru ini dengan NSE. Apakah kalian lebih senang melakukan deal dengan label/records dari Luar negeri ketimbang dengan label/records local ? Dan apakah ada kemungkinan, jikalau dirilis oleh label/records dari Luar Negeri…pendistribusiannya bisa lebih luas dan bagus ?

INJURY DEEPEN : Kami adalah orang - orang yang netral dan bebas , label apapun dan dimanapun berhak mengajukan kerjasama dengan Kami. Belum tentu juga, banyak label INDONESIA juga yang pasarnya sudah luas.

JY : Seberapa jauh sih kalian mengenal tentang New Standard Elite Records
ini ? Apakah NSE Records ini hanya tertarik untuk merilis band-band brutal death metal yang memiliki dan memainkan sound yang brutal ala Disgorge, Putridity, Brodequin, Defeated Sanity dan lainnya. Karena kalau saya mendengar musik beberapa band-band yang rilisan dari NSE ini, terasa kental musik soundnya seperti band-band yang saya sebutkan diatas tadi. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini ?

INJURY DEEPEN : Ya lumayan jauh tapi ga jauh - jauh juga sihhhhh... Kami rasa itu semua benar , NSE adalah the next UBR (Unmatched Brutality Record) yang merilis khusus band - band BRUTAL DEATH METAL.

JY : Bisa nggak kalian sebutkan gears/equipment apa saja yang kalian gunakan pada saat recording ? Apakah gears ini sama dengan yang kalian lakukan ketika melakukan shows/tours ?

INJURY DEEPEN : Mau tau aja apa mau tau banget nich k4k4...? Untuk lebih jelas bisa cek di studio saat kami rekaman dan saat kami show.

JY : Just as a side question, Bagaimana menurutmu kalian tentang Busuk Webzine ? Di Busuk Webzine kami telah mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan disamping itu juga Kami berusaha untuk selalu update news setiap harinya.

INJURY DEEPEN : Ini merupakan webzine terbaik di INDONESIA ( Demiiiiiiiii Tuuuuuhannnnnnnnnnnnn.....) dan menurut kami kalian sudah melakukan yang terbaik untuk scene ini...(Ed : Thanks a lot )

JY : Seperti yang kita telah ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki good reputation sebagai Negara yang memiliki scene death metal yang sangat besar dan kuat. Dan telah banyak juga band-band dari mancanegara yang telah melakukan shows/tours nya ke Indonesia. Dan band-band local kita yang telah dirilis oleh Labels/Records mancanegara. Tapi terkadang ‘nama baik’ scene death metal kita ini tercoreng oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab dan mencari keuntungan semata dengan mencuri artwork-artwork dari band-band mancanegara yang mana nantinya digunakan untuk perilisan merchandise mereka. Hal ini benar-benar sangatlah disayangkan dan tidak seharusnya terjadi. Bagaimana menurut kalian agar hal semacam ini tidak terjadi ?

INJURY DEEPEN : Mungkin kurangnya wawasan dan keterbukaan dari para pelaku pencurian artwork….Gimana kalau BUSUK WEBZINE mengkampanyekan hal tersebut pada website kalian..? (Ed : Good idea bro)

JY : On final note…..Apakah rencana kedepan dari Injury Deepen ? Apakah kalian akan mempersiapkan new full length album kedua atau akan melakukan beberapa shows/tours dalam waktu dekat ini ?

INJURY DEEPEN : Untuk saat ini Kami lebih focus pada materi-materi album ke-2 , sehingga show kami batasi.

JY : Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Kami serta telah membantu mendukung Busuk Webzine. Sukses selalu untuk Injury Deepen. Adakah last message untuk para death freaks ?

INJURY DEEPEN :  TERIMA KASIH kembali sebelumnya untuk BUSUK WEBZINE dan Kami ingin berpesan untuk para death freaks agar selalu menjaga kebugaran jasmani dan rohani , sekian dan TERIMA KASIH
" tidak BERUTALLLL BARBELL MELAYANG - brutal death kriminil akhir jaman "


(Diwawancarai oleh John Yoedi, 4 Juni 2013)

Here their link....you can check it : 



No comments:

Post a Comment