Thursday, March 21, 2013

Interview dengan HORRIBLE ‘Death Metal’ – Balikpapan, Kalimantan Timur – Indonesia.





Menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk band HORRIBLE yang sekarang ini bangkit kembali untuk memanaskan dunia permetallan di tanah air ini. Band yang sempat vacum cukup lama ini akhirnya menampakkan wajah garangnya dengan tampil dibeberapa event metal khususnya di Kota Balikpapan dan Kota Samarinda. Ditahun 1999 mereka juga sempat memuntahkan full length album 1 yang diberi title ‘Horrible Death’ dalam format kaset. Namun ada sedikit perubahan line up sejak band ini terbentuk dan yang mana untuk current line up saat ini adalah Iwan Dx sebagai penggebuk drum, Imoel sebagai gitar dan Anton Jb sebagai vocalis. Mereka masih mencari pemain bass untuk melengkapi line up mereka saat ini. Di kesempatan ini, Iwan sang penggebuk drum telah meluangkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Busuk Webzine. Jadi nggak usah terlalu banyak basa-basi…silahkan kalian simak wawancara kami ini.

John Yoedi : Allo brothers….apakhabar nih ? Senang bisa melakukan wawancara dengan Horrible. Dan terima kasih banyak telah meluangkan waktunya dan mendukung Busuk Webzine. Saya dan Kieran James (Australia) share di blog ini. Well….lagi ada kesibukkan apa di Horrible base saat ini ?
Iwan Dx : Halo juga brothers...terima kasih kembali untuk wawancara ini..oke, kesibukan non rutinitas horrible saat ini seperti biasa untuk selalu bertemu setiap ada kesempatan mengingat waktu yang kita miliki tidak dalam keseharian bisa berkumpul..untuk saling berbagi, bercerita, bertukar materi dalam hangatnya setiap botol bir yang kita konsumsi..
JY : Sebagai pemanasan dan bored question hahaha, Bisa nggak kamu ceritakan secara singkat tentang sejarah terbentuknya HORRIBLE ? Dan siapa saja current line up untuk saat ini ?
Iwan Dx : Well..not bored at all..Horrible terbentuk di studio Biroe gunung malang Balikpapan pada tahun 1998 yang digawangi oleh personil awal Indra Ck (RIP) di vox, Iwan Dx di gitar, Anton Jb di drum serta Imoel di bass. Mengusung Old School Death Metal dan pada tahun 1999 memuntahkan album pertama “Horrible Death” di Natural Studio Surabaya. Namun pada tahun 2001 terjadi tragedi yang menimpa dan mengakibatkan meninggalnya Indra Canaka dan menyebabkan album kedua “Insane Butcher” yang sudah disiapkan di “karantina”kan dalam prosesi perbaikan materi disana-sini sampai pada tahun 2010 kembali menggeliat dengan formasi awal yang disusun ulang yaitu Anton Jb di vox, Imoel di gitar, Iwan Dx di drum namun tidak menutup kemungkinan berubahnya lagi formasi mengingat sampai saat ini belum adanya pemain bass kami.
JY : HORRIBLE adalah merupakan band yang cukup lawas terbentuk di Balikpapan dan sempat memuntahkan first album ‘Horrible Death’, kini kalian mencoba bangkit kembali saat ini walaupun dengan adanya sedikit perubahan line up. Apa yang memotivasi kalian untuk membangkitkan kembali Horrible di kancah musik bawah tanah ini ?
Iwan Dx : Satu-satunya hal yang mungkin memotivasi kami adalah karena ternyata setelah sekian lama kami masih punya keinginan yang sangat kuat untuk tetap "ada dan bersuara"…..hahahaha….
JY : Adakah rencana dari kalian untuk merilis ulang ‘Horrible Death’ album ?
Iwan Dx : Untuk yang satu itu mungkin ada dalam rencana ke depan kami,namun sementara kami masih terfokus pada proyek baru yang sudah sangat lama kami siapkan dalam satu wadah album baru..ya mungkin saja akan ada beberapa materi dalam album "Horrible "Death" yang akan mungkin kami selipkan dengan aransemen ulang.
JY : Sampai sejauh ini, apakah kalian telah mempersiapkan materi-materi lagu baru ? Dan siapa yang biasa bertanggungjawab untuk penulisan lirik lagu dan yang mengarasemen musik di band kalian ini ?
Iwan Dx : Ya…..kami sudah banyak mencoba untuk mematangkan beberapa materi baru untuk album berikutnya sejak dari keluarnya album pertama hingga terformasi ulang tahun 2011..sedang dalam pengerjaan lirik dan materi kami tidak terbebani untuk kepada siapa sebuah materi akan terlahir, setiap personil bertanggung jawab untuk semua pengerjaan baik dalam ide, materi, lirik dan pematangan aransemen…bukan tertuntut, tapi bagaimana enaknya suasana hati dan angan untuk lahirnya materi-materi kami….sebab Horrible adalah Kami , dan Kami adalah Horrible..hehehehe..
JY : Tema lirik dari Death Metal biasanya menceritakan tentang hal Anti religion, occultism, mysticism, satanism, mutilation, torture, rape dan sebagainya. Apakah kalian juga menulis lirik lagu seperti yang saya sebutkan diatas tadi ? Apakah cerita dari lirik tersebut adalah reality atau fiksi ?
Iwan Dx : Pernah terpikir untuk meludahi, membantai atau menggorok sesuatu atau orang pada saat tertentu? Hal-hal seperti itulah yang mendasari kebanyakan lirik-lirik lagu kami, berdasarkan dari amarah atau pelampiasan murka terhadap beberapa hal/personal yang mungkin saja bisa terjadi dalam kehidupan nyata dalam bentuk mendasar kekerasan mutlak manusia terhadap manusia lainnya, ada juga beberapa lirik kami yang menceritakan tentang kekerasan/pembunuhan nyata yang memang pernah terjadi.
JY : Tentunya masing-masing personil memiliki influence band yang berbeda-beda. Bagaimanakah cara kalian untuk memadukannya sehingga mendapatkan satu konsep musik yang cocok untuk band kalian ini ? Karena hal seperti ini tidaklah mudah untuk dilakukan.
Iwan Dx : Yap..berbeda-beda tapi di sekitar-sekitar  situ aja..hehe..untuk perpaduan seperti yang tadi sudah disebutkan….tidak harus begini atau begitu, namun mengalir....sebab menurut kami yang paling penting adalah ketika kami sudah merasakan bahwa sebuah materi itu pas menurut kami…di Horrible kami merasa lebih kepada persenyawaan jiwa daripada karakter per setiap personal termasuk untuk teknik, skill dan bejatnya akal….kami melebur….hahaha.
JY : Bisa nggak kamu mendiskripsikan instruments sound dan typical vocals yang bagaimana kalian sukai ?
Iwan Dx : Instrument sound yang kami suka bervariasi tergantung dari genre masing-masing band pengusungnya….tapi secara mendasar kami suka instrument sound dengan karakter gitar yang berat, rendah padat dengan karakter vokal growl yang emosional serta selingan-selingan scream sebagai bentuk kemurkaan lain dan penegas lirik.
JY : Apakah kalian memiliki ciri khas/style music tersendiri daripada menjiplak dari band lainnya ?
Iwan Dx : Dalam style music kami tidak terlalu berusaha keras untuk supaya tidak mirip atau bahkan mirip dengan style music band lain...Kami hanya berusaha untuk memperdengarkan bahwa ini Horrible..apapun sebutan yang kami terima itu dibebaskan…Kami tidak terlalu ambil peduli tentang itu, selama kami tau pasti apa yang kami mainkan tanpa harus atau bermaksud menjiplak apa-apa dari band lain.
JY : Band-band apa saja yang mempengaruhi atau menjadi big influence kalian di Horrible ?
Iwan Dx : Band-band yang kita konsumsi dan yang sedikit banyak meng influence kami adalah band-band seperti Suffocation, Disgorge, Cryptopsy, Slayer, Internal Bleeding, Napalm Death, Dying Fetus, Disavowed, DOF & Cannibal corpse.
JY : Just a side question, Bagaimana menurut kalian tentang Busuk Webzine ? Di Busuk Webzine kami mencoba untuk melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Serta disamping itu, Kami juga mencoba dan berusaha untuk selalu update news.
Iwan Dx : Mantap !! Sangat membantu dan betul-betul fungsional….memungkinkan semua metalheads untuk bisa selalu up date info berita band-band yang memadai dan dengan format halaman serta pencarian yang memotivasi untuk menelusuri lebih jauh ke dalam karena cakupan busuk yang sangat beragam dan obyektif….Salut for Busuk atas keseriusannya…. (Ed : Thanks a lot bro…)
JY : Perkembangan musik extreme metal di Kalimantan Timur umumnya telah marak akhir-akhir ini dan sering diadakannya event-event metal di berbagai daerah di Kalimantan Timur. Bagaimana menurut kalian tentang perkembangan extreme metal khususnya di Kota Balikpapan saat ini ?
Iwan Dx : Perkembangan extreme metal Kaltim terlihat sangat menggairahkan & membangkitkan hasrat….mendorong band - band baru untuk terus berlomba memuntahkan kemuakkan mereka…..semakin meramaikan dunia bawah tanah yang kita tahu…..khusus untuk Balikpapan diharapkan semakin sering diadakan event-event metal yang juga nantinya memicu munculnya banyak penyelenggara dari berbagai kalangan juga….semakin ramai sampai masyarakat general umum memaklumi keberadaan komunitas metal Balikpapan….menjadi sebuah komunitas yang tidak mungkin bisa ditolak hadir di tengah-tengah jamaknya sosial masyarakat mereka……dibalik daripada itu, Kami akan dan selalu support atas segala proses pergerakannya.
JY : Begitu banyak band-band cadas yang terdapat di Indonesia pada saat ini dan mereka memiliki skill dan technical permainan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bisa nggak kalian sebutkan Top 10 playlist album untuk band-band local yang berbahaya?
Iwan Dx : Seperti yang mungkin sering kita dengar & saksikan….band-band lokal berbahaya menurut kami adalah Death Vomit, Bleeding Corpse, Jasad, Forgotten, Grausig, Disinfected, Siksa Kubur, Bloody Gore (Funeral Inception), Plasmoptysis, Asphyxiate, Tengkorak, Epitaph, Devastation & more.
JY : Apa rencana kedepan kalian dengan Horrible ? Apakah kalian sedang mempersiapkan materi-materi lagu baru yang nantinya akan segera dimuntahkan untuk new full length album ?
Iwan Dx : Pastinya..rencana kami dengan Horrible ke depannya adalah mempersiapkan materi-materi yang beberapa di antaranya sudah pernah kami bawakan di event-event yang menampilkan Horrible…sambil terus dilakukannya perbaikan sana sini sampai akhirnya terwujud dalam 1 full length album (Insane Butcher)....tidak terpatok target jumlah materi dan tenggat waktu..
JY : Ok…that’s all. Terima kasih banyak telah menyempatkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari kami dan atas dukungannya terhadap Busuk Webzine. Sukses selalu untuk Horrible. Dan sebelum menutup wawancara ini, adakah last message untuk para metalheads ?
Iwan Dx : Oke brad...terima kasih juga untuk wawancaranya....untuk para metalheads, support your scene, hancurkan perbedaan karena kita sama, tak kenal umur senior ataupun junior……metal lebih kepada otak dan benak daripada sebagai gaya hidup serta pencitraan omong kosong…..ikuti terus Busuk Webzine..\m/ respect /m\ !!!
(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 16 Maret 2013)



1 comment:

  1. salah satu legend yg meracuni otak saya di jaman itu.. suksess dan dan kami nantikan karya mu slalu jonn..

    ReplyDelete