Wednesday, November 14, 2012

WAWANCARA DENGAN EVIL CIRCLE ‘DEATH METAL DARI PURWOKERTO’



Ini dia band death metal yang berasal dari Purwokerto yaitu EVIL CIRCLE. Band yang terbentuk sejak tahun 2003 ini awalnya sempat memakai nama ‘Inner Self’ yang masih memainkan genre Thrash Metal. Dengan adanya pergantian nama band menjadi Evil Circle maka mereka juga memutuskan untuk merubah genre mereka ke death metal. Ditahun 2011 mereka sempat memuntahkan sebuah demo yang berisikan 2 lagu dan di tahun 2012 ini mereka juga kembali memuntahkan demo yang mana nantinya bersama dengan materi lagu terbaru akan dipersiapkan untuk first full length album mereka. Baiklah, pada kesempatan ini Busuk Webzine telah melakukan wawancara dengan EVIL CIRCLE…..Silahkan kalian simak wawancara Kami ini :


John Yoedi : Allo kawan, Apakhabar ? Thanks atas dukungannya terhadap BUSUK WEBZINE dan telah bersedia untuk melakukan wawancara. Saya dan Kieran James (Australia) share di blog ini. Baiklah, apa yang telah kalian lakukan untuk sementara ini ?

EC : Hallo BUSUK WEBZINE, kabar kami sangat baik sekali...akhir-akhir ini kami sedang gencar untuk promo di beberapa stasiun radio lokal di Purwokerto..dan yaaa seperti anak band pada umumnya...latihan dan berkarya.

JY : Sebagai pemanasan, bisa nggak kalian perkenalkan current member dari EVIL CIRCLE ? Dan bagaimana cerita awalnya band ini bisa terbentuk serta siapa yang memiliki ide pertama kali untuk membentuk band ini ?

EC : Yuli pada Vocal..Reza pada Bass..Wowo pada Drum..dan Adith pada Guitar...jadi dulu di awal tahun 2010 Yuli sama Wowo ngehubungin Adith buat bikin band Death Metal..dimulai dg jamming di sebuah studio..pada waktu itu kita masih belum punya bassist...lalu UU punya ide buat ngajakin sodaranya..Reza..buat ngebass..yg kebetulan lagi nganggur ngeband...dan setelah beberapa kali jamming...kita ngerasa saling cocok....baru deh kita resmiin band Death Metal ini dengan nama EVIL CIRCLE.

JY : Dan, apakah kalian yakin dengan formasi ini bisa bertahan lama ?

EC : Ya kita yakin banget.....karena kita emang punya satu misi...satu cita-cita..dan satu jiwa....

JY : Band kalian terbentuk cukup lama di tahun 2003 dengan awalnya memakai nama INNER SELF dan kemudian diganti menjadi EVIL CIRCLE di tahun 2010. Alasan apa yang membuat kalian untuk memutuskan mengganti nama band tersebut ?

EC : Ya sederhana aja sih.....INNER SELF itu Thrash Metal dan EVIL CIRCLE itu Death Metal..karena kita ganti genre sekalian aja kita ganti nama band.

JY : Bisa nggak kalian mendiskrisipkan EVIL CIRCLE ke dalam hal musik ?

EC : Harmonis...kematian...gelap..dan menurut kami kick ass banget...

JY : Adakah suatu mahakarya yang kalian hasilkan sejak terbentuknya band ini ?

EC : Waaahh..kalo dibilang mahakarya sih enggak...cuman kita emang dah ngeluarin dua demo di tahun 2011 (Jiwaku Mati dan Exhibition Of Malicious) dan 2012 (Perang Para Tuhan dan Sistematika Hidup Dan Mati)....dan beberapa karya yg bakal kita tuangin di full length album kita..

JY : Setelah mendengarkan tembang-tembang sadis yang ada di situs kalian, soundnya dihasilkan sangatlah brutal. Band-band apa saja yang mempengaruhi musik kalian ?

EC : Ada beberapa band besar Internasional kaya Abysmal Dawn, Dying Fetus, Suffocation, Vader, Pestilence dan satu band Nasional yg kita ngefans banget dari jaman ingusan..SiksakubuR.

JY : Dan apakah kalian mempunyai ciri khas/style music tersendiri daripada menjiplak dari band lainnya ?

EC : Kita lebih berusaha menekankan pada dinamika lagu...jadi ga keliatan datar-datar banget...yg penting easy listening...

JY : Sudah ada berapa materi lagu baru yang kalian miliki sampai sejauh ini ? Dan kapan rencana dari kalian akan segera memuntahkan debut full length album ?

EC : Sampai sekarang materi yg udah Fix ada 9 lagu..dari 10 lagu yg bakal kita masukin di full length album yg rencananya kita proses di awal tahun 2013..doain yaaahh!

JY : Menurut kalian seberapa besar sih pengaruh atau peran lirik lagu ? Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal pembuatan lirik serta yang mengarasemen musik di EVIL CIRCLE ?

EC : Sebagian besar yg membuat lirik itu Adith dengan dibantu oleh Yuli dan Reza......kalo aransementnya kita bersama yang bikin.

JY : Dan apa yang membuat kalian begitu so interest untuk memilih jalur musik cadas ini ?

EC : ya karena kita emang cinta Death Metal udah sejak dulu..meskipun masing-masing dari kita muncul dari genre yang berbeda-beda...

JY : Serta tentunya masing-masing personil memiliki influence tersendiri. Bagaimana cara kalian memadukannya ?

EC : Yep betul banget....mudah aja kok...kita saling menghormati dan membebaskan idealisme kita masing-masing tapi tetap harus di satu benang merah ,Death Metal...!

JY : Bagaimana tentang scene death metal di Purwokerto saat ini ? Adakah band-band sadis yang patut diwaspadai ?

EC : Scene Death Metal di Purwokerto sedang menggeliat lagi...dengan ditandai munculnya band-band death metal lawas dan baru....salah satunya ya Band lawas kita SACREFIXX dan beberapa band baru seperti Daskapitalism..Tensi Tinggi..dan lain-lain.

JY : Seberapa sering dilakukan Metal Fest di daerahmu ini ? Dan, apakah ada Metal Fest yang akan segera berlangsung dalam waktu dekat ini ?

EC : Cukup padat untuk tahun ini...seperti HEADBANGER..Purwokerto Metal Fest..Metal Attack dan masih banyak lagi....dan untuk Metal Festival akbar yg akan segera berlangsung ada HEADBANGER Revolution..

JY : Seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali band-band dari mancanegara yang melakukan tour nya ke Indonesia, seperti Suffocation, Napalm Death, Disgorge (Ca), Misery Index, Dying Fetus dan sebagainya. Dan kita harus bangga bahwa di Indonesia memiliki fans death metal yang begitu besar. Bagaimana menurutmu akan hal ini ?

EC : Patut bangga, tapi Indonesia bukan cuma punya fans tapi band band berbahaya juga.

JY : Adakah band-band sadis dari ‘luar pulau Jawa’ yang bisa kamu sebutkan disini atau yang patut diwaspadai sekarang ini ?

EC : Wah banyak banget.....salah satunya TOTAL RUSAK,DJIN....

JY : Bagaimana menurutmu tentang Busuk Webzine ? Di Busuk webzine, kami mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan disamping itu juga Kami berusaha untuk tetap selalu update news.

EC : Dengan adanya 2 bahasa menurut kami sangat bagus dan sangat membantu...terutama bagi yg berbeda bahasa...jadi yang membaca bukan cuma temen-temen kita yang dari dalam negri..tapi yg diluar negri jadi bisa baca juga artikel kita...(Red…Thanks brother)

JY : Ok thanks atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari Kami. Adakah last comment untuk para death freaks ?

EC : KEEP SUPPORTING DEATH METAL!!

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 3 November 3, 2012) 

Untuk informasi lebih lengkap bisa kalian visit links band mereka dibawah ini :





No comments:

Post a Comment