Sunday, July 15, 2012

WAWANCARA DENGAN BEDAARAH ‘THE YOUNG GUNS’ DEATH METAL DARI KOTA TEPIAN SAMARINDA-INDONESIA.



BedaArah adalah salah satu band death metal dari Kota Tepian Samarinda. Band yang beranggotakan 5 orang dan masih tergolong muda-muda ini mencoba memainkan musik death metal. Walaupun begitu, skill dan permainan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan mereka kini telah berusaha untuk merampungkan Promo Album yang sekiranya bisa dirampungkan dalam waktu dekat ini. Performance mereka ketika di acara ‘Sound Of Militant’ pada minggu lalu membuat saya ikut berhead banging hahaha dan juga ingin sekali mengetahui informasi tentang band ini. Dan, kesempatan saya untuk mewawancarai mereka akhirnya bisa dilakukan saat ini. Ok lah ini hasil wawancara Saya dengan BedaArah…silahkan kalian simak :

John Yoedi : Allo kawan, Apakhabar ? Thanks atas dukungannya terhadap BUSUK WEBZINE dan telah bersedia untuk melakukan wawancara. Saya dan Kieran James (Australia) share di blog ini. Baiklah, apa yang telah kalian lakukan untuk sementara ini ?

BedaArah : Hello mas Yoedi, hello BUSUK WEBZINE, hello juga Sir  Kieran James hehehe. Yaaa, thanks berat kembali bro. Untuk sementara ini kami lagi mempersiapkan materi untuk EP ALBUM(promo). Kemungkinan setelah Lebaran mulai masuk proses Recording.

JY : Band kalian terbentuk pada tahun 2010 dan bisa dibilang band baru yang memasuki kancah dunia death metal. Bisa nggak, kalian ceritakan sedikit tentang current member dari BEDAARAH ? Dan, apakah kalian yakin dengan formasi sekarang ini akan lebih solid dan bisa bertahan lama, karena sebelumnya kalian sempat mengalami gonta-ganti personil.

BedaArah : Yep, BedaaraH terbentuk akhir 2010. Di formasi awal Can (gitar), Bagus (drum), Alpi (pasir berbisik) pada bass/vokal dan pada saat itu nama kami bukan BEDAARAH, tapi BEDARAH hahahaha. Tidak lama setelah BEDAARAH dibentuk Alpi (pasir berbisik) keluar. jadi formasi setelah itu Can (gitar), Bagus (drum), Philip (bass), Angga (vokal). Can, Bagus, Aldi, Angga---Can, Bagus, Pendy, Piras, Dwik---dan sampai sekarang formasinya seperti ini hahaha, Can (gitar), Bagus (drum), Piras (gitar), Hery (bass), Dwik (vocal), dengan passion dan attitude, kami yakin dengan formasi saat ini !! hahaha

JY : Penampilan band kalian di acara ‘Sound Of Militant’ beberapa minggu yang lalu sangatlah awesome dan Saya senang melihat performance kalian saat itu. Serta antusias penonton pada saat itu sangatlah brutal. Apalagi waktu itu kalian sempat membawakan cover song ‘Kafir’ dari Nile….so perfect. Bagaimana kesan kalian setelah tampil di acara tersebut ?

BedaArah : Sebelumnya terima kasih buat metalhead2 Balikpapan, liaaarrr hahaha. Waaah, jauh banget dari perfectnya Om Karl sanders, Dallas Toler, George Kollias, Chris Lollis mas…hehehe. Senang dan tentunya dapat pengalaman baru, soalnya baru pertama kali main di Balikpapan hehehehe.
JY : Bagaimana cara kalian mendiskripsikan BEDAARAH ke dalam hal musik ? Apakah kalian akan mendiksripsikannya lebih ke technical death metal atau ?
Bedaarah : Hmm, kalau untuk technical death metal , ga lah mas. kami lebih suka mendeskripsikannya sebagai Death metal aja hehe

JY : Dan bisa nggak kamu mendiskripsikan ‘instrument sound’ serta band-band apa saja yang mempengaruhi style musik mu yang sekarang ini ?

BedaArah : Ada di beberapa lick gitar dalam musik BedaaraH yang mengambil unsur ‘Sampeq Dayak’ (tarian panen). Banyak banget sebenarnya, tapi untuk sekarang kami masih dipengaruhi CANNIBAL CORPSE, DEATH, NILE, GORGASM, CRYTOPSY, KATAKLYSM, SLAYER dan lain-lain.

JY : Siapa sih yang memiliki ide untuk pertama kali membentuk BEDAARAH serta memutuskan memainkan musik death metal ini ?

BedaArah : Bagus (drummer), soalnya dia pertama kali ngajak mainin musik death metal, lalu direalisasikan oleh Can (guitarist), dan ternyata kami jatuh cinta dengan musik ini ahahahah luv u full Death Metal !!

JY : Setelah mendengarkan 2 lagu dari website kalian, sound yang dihasilkan sangatlah brutal. Apakah kalian memiliki cirri khas/style musik tersendiri daripada menjiplak dari band lainnya ?

BedaArah : Wah thanks mas udah dengerin hehehe. Kami sebenarnya open mind sih, jadi dengerin lagu/band apa aja…lalu direalisasikan menjadi sebuah musik yang kami rasa Death metal. Jadi udah, ga tau tuh lagu mirip punya siapa hahaha

JY : Sudah ada berapa lagu yang kalian hasilkan sampai saat ini ? Dan apakah ada rencana untuk membuat promo album atau full length album dalam waktu dekat ini ?

BedaArah : Ada 6 lagu . Dalam waktu dekat ini kami baru mau membuat EP album yang berisi 4 lagu .

JY : Dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal penulisan lirik dan mengaransement musik kalian ? Serta hal-hal apa saja yang bisa memberikan inspirasi dalam hal penulisan lirik lagu ?

BedaArah : Untuk lirik dan aransement biasanya kami bareng. Tapi yang membuat pola/kerangka lirik dan aransement biasanya Can.

Kerusakan bumi, ketidakadillan hukum dinegeri ini dan hubungan manusia-Setan-Tuhan.

JY : Just a side question. Bagaimana menurutmu tentang Busuk Webzine. Di Busuk Webzine kami telah mencoba menggunakan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

BedaArah : Busuk Webzine keren, top top dah. Artikelnya juga keren dan paling keren lagi, artikel yang dimuat bisa dibaca sama orang Australia hahaha

JY : Jikalau kalian akan mengeluarkan first full length album, Apakah kalian akan melakukan kerjasama dengan labels/records dari luar atau local ? Dan, labels/records yang bagaimana sih yang pantas kalian ajak untuk melakukan kerjasama nantinya ?

BedaArah : Pengen  luar/local babat aja hahaha . Hmm, yang penting label/records nya jelas adanya hahaha

JY : Seperti yang kita ketahui bersama sampai saat ini, banyak sekali band-band death metal dari luar negeri yang melakukan tour/show ke Indonesia seperti Suffocation, Misery Index, Dying Fetus, Nile dan masih banyak lagi. Dan merupakan suatu kebanggaan buat kita semua karena di Indonesia memiliki fans base death metal yang sangat banyak. Bagaimana menurut kalian akan hal ini ? Jikalau disuatu saat nanti, adakah dari Kalian berharap bisa satu panggung dengan band-band influence kalian, band-band apa saja ?

BedaArah : Bangga luar biasa, karena Indonesia juga menjadi ladang band-band metal. Sudah pasti ada mas, SLAYER,CANNIBAL CORPSE,NILE.

JY : Saya telah mengetahui bahwa di Samarinda saat ini scene death metalnya telah berkembang pesat dan juga sering diadakannya berbagai acara metalfest yang dilakukan oleh beberapa event organizer. Apakah kalian sendiri seringkali mengikuti perkembangan tentang scene death metal di kota kalian Samarinda ? Adakah band-band yang bisa kalian rekomendasikan ke Kami yang memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya nanti ?

BedaArah : Wuih, Samarinda keren-keren mas, ya jelas dong support your local band, till die !! hahaha . Articulomortis, Pasir Berbisik, Der Kaizer, Ortodok, Macrobid waah banyaaaaak mas hahaha kalau bisa dimuat semua haha.

JY : Ok Kawan, Terima kasih banyak atas waktunya untuk menjawab interview dari Kami. Sukses selalu untuk BEDAARAH.  Adakah last message untuk para metalheads disini ?

BedaArah : Yoi, sukses terus buat BUSUK WEBZINE !!

Tuhan menciptakan kita dengan perbedaan. tapi perbedaan itu telah hangus terbakar oleh amarah kalian para Metalheads diseluruh Nusantara !! yeaah

THANKS BERAT , BUSUK WEBZINE !!!

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 14 July 2012)

Informasi tentang BEDAARAH bisa kalian click link dibawah ini :


No comments:

Post a Comment