Wednesday, July 11, 2012

INTERVIEW FROM EXTEND STUDIO, UJUNG BRONX: Ferly talks about brutal new JASAD album (Bandung, Indonesia brutal death-metal) (Bahasa Indonesian)



John Yoedi (BUSUK WEBZINE) dan Ferly (guitar, JASAD), EXTEND MUSIC STUDIO, UJUNG BERUNG, BANDUNG, 4 APRIL 2012
 Wawancara kami bersama Ferly (guitar) dari JASAD (Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia brutal death-metal)
Oleh Dr Kieran James (BUSUK WEBZINE/ University of Southern Queensland) dan John Yoedi (BUSUK WEBZINE)
Wawancara: 4 April 2012 EXTEND MUSIC STUDIOS, Jl Neglamanah no. 21, Ujung Berung 40617, Bandung, Indonesia
Penerjemah dan Pemberi komentar: Popo, vocalist DEMONS DAMN
Komentar Tambahan: Casper (Manager BLEEDING CORPSE dan TURBIDITY) dan Bob Rock (vocalist, BLEEDING CORPSE)
JASAD : Man (vocals), Ferly (guitars), Yuli (bass), dan Abaz (drums)

Bobby (BLEEDING), Popo (DEMONS DAMN), Ferly, John
Kieran James: Hi kawan-ku, Ferly,. Senang bertembu lagi dan tolong ceritakan kepada kami tentang album JASAD yang baru...

Ferly JASAD: Album yang baru akan lebih agresif, keras, dan lebih crushing dari yang sebelumnya.

[KJ Note: Pada saat kita melakukan wawancara, 4 April 2012, semua dari sepuluh track sudah direkam kecuali vokal Man.]

KJ: Bahasa apa yang digunakan untuk Liriknya?

Ferly: Lirik-lirik lagunya campur antara Sunda, Indonesia, dan Inggris

KJ: Apakah semua lagu-lagunya menceritakan budaya sunda?

Ferly: Kebanyakan dari lagu-lagunya mempunyai hubungan dengan budaya Sunda.

KJ: Pengalaman apa yang kalian dapatkan bekerja  dengan Abaz drummer baru?

Ferly: Dia mengerjakannya dengan sangat cepat ketika saya memintanya untuk melakukan sesuatu yang berbeda

KJ: Apakah abaz memberi masukan dalam proses penulisan lagu?

Ferly: Ya, 20%.

Abaz (JASAD / UNDERGOD), Ferly, John
KJ: Siapa yang mempunyai ide memperbanyak blast-beats?

Ferly: Saya dan Abaz.

[Kami mendengarkan materi album baru tanpa vokal]

KJ: Saya menyukainya.

KJ: Apa opini kamu tentang materi album baru JASAD?

Casper (Manager BLEEDING CORPSE & TURBIDITY): Gila!

John Yoedi (BUSUK WEBZINE): Empat jempol!

Popo (Expert Comment): Saya belum mendengarnya.

KJ: Ferly, mungkin kamu harus memutarkan beberapa lagu untuknya. Popo, dengarkan!

Popo (Expert Comment): Saya rasa ada sesuatu yang berbeda dengan gitarnya.

KJ: Album Yang ini sangat jelas, sangat lembut...

Ferly: Yeah.

Popo (Expert Comment): lebih Groovy.  Ada harmoni antara gitar dengan drum.

Bandung Death Metal City - I miss you!
KJ: riffs-nya sangat old-school.

Ferly: Old-school...

Bob Rock (BLEEDING CORPSE): Brutal!

John: fans JASAD harus punya album ini!

KJ: Tentu saja. Mereka sudah menunggu cukup lama.

KJ: Seperti DEATH VOMIT – sangat disiplin, terencana, bermetode...

Bobby Rock: Nendang! Seperti meninju ke telinga!

KJ: Adakah band yang menjadi pengaruh spesial pada album ini?

Ferly: Pengaruh musik masih tetap SUFFO.

John: SUFFOCATION...

KJ:  Sudahkah kamu mendengar video baru CANNIBAL CORPSE “Encased in Concrete”?

Ferly: Belum.

KJ: Apa reaksi para fans kepada lagu-lagu baru?

Ferly: mungkin para pendengar akan memberikan komentar setelah kami me-release album. Mereka biasanya tidak memberikan komentar pada lagu-lagu yang kita mainkan ketika diatas panggung tapi lebih ke penampilan kita. Mereka tidak tau detil tentang lagu-lagunya. Saya harap mereka akan menyukainya.

Ferly & John hear new album
KJ: Bagaimana perasaan mu ketika melihat anak sekolah menggunakan kaos JASAD?

Ferly: Keren!

John: Berapa lagu yang kamu rekam untuk album?

Ferly: Kami berencana merekam sepuluh lagu dan merekam lagu tambahan.

John: Apa judul untuk album baru?

Ferly: Rebirth of Jati Sunda.

John: Judulnya diambil dari judul lagu?

Ferly: Ya.

John: Bagaimana kamu membandingkan album baru dengan album sebelumnya album Annihilate?

Ferly: Pada album baru ini lebih terencana. Saya membuat bagan lagu-lagu dengan sangat hati-hati karena saya memberikan banyak pemikiran dan perencanaan.

John: Apakah musiknya lebih tehnikal dan cepat dibanding album sebelumnya?

Ferly: Ya karena Abaz masih muda dan dia mempunyai lebih banyak tenaga dibandingkan Papap.

KJ: Kamu memberitau saya sebelumnya [wawancara 24 Februari 2011 JASAD] bahwa cover album-nya bergambar empat orang personil sebagai monster yang menghadap pada bangunan pemerintah. Apakah itu design cover yang sudah final?
AFerly, EXTEND STUDIO, UJUNG BRONX

Ferly: Ya.

John: Siapa yang membuat gambarnya?

Ferly: Marco Hasmann.

KJ: Apakah ada vokalis tamu pada album ini?

Ferly: Kami belum punya rencana untuk itu.

KJ: Mungkin semenjak Dada meninggalkan Turbidity dia bisa menjadi guest vocal?

Ferly: Mungkin saya akan mengaturnya (tersenyum).

KJ: Sepertinya Dada mempunyai banyak fans...

Ferly: Yeah.

John: Dari mana kamu mendapatkan inspirasi untuk album? Menurut saya perpaduan abtara SUFFOCATION dan DEEDS OF FLESH. Apakah kamu setuju?

Ferly: dengan SUFFOCATION saya setuju tapi terlalu jauh jika disebut seperti DEEDS...

KJ: Jadi kamu tidak merasa jika ada pengaruh DEEDS OF FLESH influences?

Ferly: Tidak ada pengaruh.

Bobby (BLEEDING CORPSE) & Abaz
John: Berapa lama persiapan untuk album baru?

Ferly: Satu tahun. Cukup lama karena terlalu banyak jadwal tour.

KJ: Bagaimana pendapatmu tentang lagu-lagu barunya BLEEDING CORPSE?

Ferly: Saya belum pernah mendengar nya.

John: Apa pendapat mu tentang Daniel bergabung dengan BLEEDING CORPSE?

Ferly: Jika saya melihat BLEEDING CORPSE setelah Daniel bergabung, saya berharap musiknya akan lebih nendang dan lebih keras. Dan tentu saja lebih dewasa.

John: Dengan label mana kalian merelease album baru?

Ferly: SEVARED RECORDS [USA].

KJ: Sudahkah SEVARED mendengarkan rekaman barunya?

Ferly: Tidak, belum. Saya berencana memberikan sampel satu track kepada label setelah selesai dimixing dan mastering.

KJ: Apa yang kamu rencanakan untuk merekam track tambahan?

Ferly: Track tambahan akan kami simpan untuk digunakan nanti sebagai track bonus.  Mungkin akan mengajak guest vocal Levi (ex-DISGORGE dari California).

Dimas (DEMONS DAMN) & Abaz
John: masih membicarakan tentang album baru, apakah akan bisa didapatkan di Indonesia dan siapa yang akan menanganinya disini?

Ferly: Kami JASAD yang akan menanganinya di Indonesia.

KJ: Siapa drummer terbaik, Abaz atau Roy Agus DEATH VOMIT?

Ferly: Jika kamu menanyakan pada saya maka saya akan memilih Abaz. Jika kamu bertanya kepada teman-teman DEATH VOMIT mereka akan memilih Roy.

KJ: Jawaban bagus!

Ferly: Ya.

KJ: Adakah perubahan vocal pada style Man dibanding dengan album sebelumnya?

Ferly: Lebih Jelas.

KJ: Menurut saya itu akan cocok.

KJ: Ketika proses mixing akankah vocal lebih keras atau lebih pelan?

Ferly: Seimbang.

KJ: Saya rasa vokalnya harus lebih keras untuk menyeimbangkan dengan suara sound drum. Atau akankah Abaz membuat album sendiri (Ferly tertawa)...

John: Saya tau band mu terbentuk sudah lama. Adakah rencana untuk membuat DVD live?

Bobby & John, Ujung Bronx as Darkness Descends
KJ: Ya karena hal tersebut terlewatkan dalam karir dan discography JASAD...

Ferly: Saya ingin merekan DVD live nanti tapi saya tidak tau kapan.

KJ: Saya rasa kamu harus merekamnya didepan crowd di Bandung.

John: Adakah rencana kedepan untuk split album dan siapa yang akan kamu pilih untuk melakukan split?

Ferly: Saya mau melakukannya tapi saya tidak tau rencana mereka. Saya akan senang bila melakukan split dengan DISGORGE (USA). 

John: Bagaimana pendapatmu tentang Eric Lindmark (guitarist) dan Derek Boyer (bassist) dari DEEDS OF FLESH bergabung bersama DISGORGE?

Ferly: Selama Diego bersama DISGORGE tidak ada masalah untuk saya.

KJ: Abah Desecrator dari IMPISH mengatakan sulitnya mendapatkan gigs di Bandung karena adanya diskriminasi terhadap band-band black-metal. Abah tidak mengatakan “diskriminasi” tapi artinya hampir kearah sana. Apa pendapatmu mengenai itu?

Ferly: Saya rasa itu salah. Saya rasa tidak ada diskriminasi terhadap komunitas black-metal.

KJ: Maukah kamu menentang batasan gendre dan melakukan split album dengan IMPISH?

Ferly: Ya, kenapa tidak (tersenyum).

Kieran (BUSUK), Robbie Gaspar (PERSIB BANDUNG FC), John
KJ: Apa pendapatmu tentang BUSUK WEBZINE?

Ferly: Keren...Kalian pekerja keras! Setiap hari saya membaca BUSUK WEBZINE.

KJ: Bagaimana menurutmu tentang pemainan bass Yuli dalam album ini?

Ferly: Dia bisa mengikuti apa yang saya mau.

KJ: Adakah kerjasama yang baik sekarang antara Yuli dan Abaz?

Ferly: Ya tentu saja.

KJ: OK, bukan pertanyaan serius...jika fan JASAD berumur 15 tahun bisa membeli CD JASAD atau rokok, yang mana yang akan dia beli?

Ferly: Membeli rokok!

John: Dengan bonus CD JASAD!

KJ: OK, selesai. Terima kasih banyak Ferly dan kami harap album baru akan sukses besar!

No comments:

Post a Comment