Sunday, March 18, 2012

INTERVIEW: Wawancara dengan Iwan ‘Extreme Souls Production/ESP’ (Bandung – Indonesia) (Bahasa Indonesian)

-->
‘Extreme Souls Productions’ yang biasa disebut ESP ini telah didirikan pada tahun 1996 dan bermarkas di Bandung – Jawa Barat. ‘Iwan’ sang pemilik label ini telah bertahun-tahun menjalankannya tanpa patah semangat.Di samping itu ESP telah banyak melakukan rilisan dari band-band Indonesia dan juga dari Mancanegara. Selain merilis bands album, ESP juga mempunyai beberapa rilisan kompilasi dan salah satunya yang seperti kita pernah dengar yaitu Brutally Sickness. Kompilasi yang memuat banyak band-band tersadis.
Baiklah tidak usah terlalu banyak basa-basi. Saat ini Iwan ESP telah memberikan dan meluangkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Saya. Silahkan kalian simak hasil wawancara kami kali ini…….
John Yoedi : Hi Iwan, Apakhabar ? Terima kasih atas waktunya untuk melakukan interview dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya bekerjasama serta berbagi untuk blog ini.
Iwan ESP  : Alhamdulillah...sampai saat ini baik-baik terus dan semoga untuk selamanya...sama-sama boss yang ganteng-ganteng.
JY : Pertama-tama, Bisakah kamu ceritakan bagaimana kamu memulai bisnis music ini ? Ide apa yang pertama kali muncul dibenak mu ketika itu ?
Iwan ESP : Awalnya dari sering-sering mendengar musick underground dan lama kelamaan menjadi cinta dan sayang [hehehe]. Mulai berpikir untuk berbisnis karena saya melihat pada saat itu musick underground di Indonesia mulai banyak band-band yang bagus dan berpotensi untuk maju. Dan saat itu saya melihat mereka perlu suatu media promosi [Harus di ingat saat itu media komunikasi belum ada yang namanya e-mail,internet] . Maka saya berpikir apa salahnya saya mencoba untuk merelease band-band mereka. Maka mulailah sekitar tahun 1996 EXTREME SOULS PRODUCTION berdiri.
JY : Pada tahun berapa tepatnya Extreme Souls Production ini didirikan ? Dan masih ingatkah kamu, dengan band yang pertama kali Kamu rilis ?
Iwan ESP : EXTREME SOULS PRODUCTION mulai berkibar tahun 1996. Band yang direlease pertama saat itu SADISTIS [belum pakai label ESP], NAKED TRUTH dan BRUTALLY SICKNESS tangan buntung [???]
JY : Selama bertahun-tahun mengurusi ESP , Aspek apa yang paling sulit didalam kamu menjalankan sebuah label/record ini ?
Iwan ESP : Sejujurnya saya menjalankan label ESP secara pribadi tak ada masalah atau penyesalan malah merasa enjoy & menikmati setiap releasan yang di buat sampai saat ini. Yang menjadi masalah di segi dana aja..[barangkali ada yg berminat to meminjamkan si 'dana'? ..hehehe]
JY : Bagaimana biasanya kamu menemukan band-band yang ingin kamu rilis ? Apakah kamu melakukan kontak dengan mereka atau band-band tersebut yang menghubungi mu ?
Iwan ESP : Pada dasarnya setiap ESP merelease..sayanya harus suka kepada musicknya...untuk kontaknya ada yang saya hubungi dan ada juga yang bandsnya menghubungi.
JY : Menurut saya pribadi, tidaklah mudah untuk bisa menerima atau menyetujui sebuah band yang ingin dirilis atau melakukan deal ke sebuah label/record. Adakah kriteria tertentu dari setiap band yang ingin kamu rilis ?
Iwan ESP : Pertama materi lagunya minimal yang pribadi saya suka...keseriusan dari personil bandsnya [jangan sampai ketika bandnya beres release album lalu bubar], kami tidak melihat harus band lama atau barunya. Suatu kepuasan tidak ada taranya ketika band yang ESP release jadi maju di kemudian hari.
JY : Saya yakin, banyak band-band yang telah mengirimkan demo/promo paket ke ESP untuk dirilis. Dan juga untuk melakukan hal itu, butuh waktu berhari-hari atau berjam-jam untuk mendengarkan demo/promo dari mereka. Apakah kamu melakukan hal ini sendirian atau dibantu oleh seorang teman yang benar-benar paham akan segi / kwalitas sound ?
Iwan ESP : Untuk mendengarkan atau memilih band yang akan direlease..secara pribadi yang memilihnya saya sendiri & dibantu untuk masukannya oleh Man'Jasad'.
JY : Kira-kira sudah ada berapa album bands yang ESP rilis sampai sekarang ini ? Dan bisa nggak kamu ceritakan sedikit, dari banyaknya rilisan yang pernah kamu lakukan sejauh ini, Band apa yang penjualan Cassette/Cd –nya yang paling cepat sold out dipasaran ?
Iwan ESP : Releasan ESP dari awal berdiri sampai sekarang sekitar 90an [official release+licenced release].....Penjualan yang paling bagus pada saat jaman nya cassette seperti Siksa Kubur,Forgotten,Disinfected,Geboren,Extreme Decay dan lain-lain [cd pada saat itu belum ada].
JY : Apakah ESP hanya tertarik untuk merilis album bands dari genre Brutal Death / Slam Death Metal ? Bagaimana dengan Genre yang lainnya ?
Iwan ESP : Nah ini suatu kesalahan yang menyebut bahwa ESP cuma merelase  bands Death metal. Coba lihat kebelakangnya, releasan ESP ada gothic,black metalnya juga. ESP dari pertama berdiri berniat untuk memajukan musick underground di Indonesia tapi gak asal-asalan juga kaliiii [ESP dedicated for EXTREME MUSICK !!!]
JY : Seperti yang saya lihat kebanyakan rilisan-rilisan ESP sekarang ini berasal dari Kota Bandung atau West Java, seperti Turbidity, Plasmoptysis, Brain Ass, Opium, etc.  Apakah ESP hanya melakukan deal dengan band-band dari kota Bandung /West Java saja ?
Iwan ESP : Waduhh..sekali lagi saya tekankan ESP berdiri untuk kemajuan bands Indonesia. Kita terbuka untuk bands dari mana saja. Kalau ada band dari luar Bandung yang ingin kerja sama dan memiliki musick kwalitas yang bagus..kenapa tidak [kami tidak ingin asal merelease band..musick bagus, kwalitas bagus, bandsnya bagus pasti kami mau. Oh ya bosss ada sedikit ralat. band BRAIN ASS bukan berasal dari Bandung, mereka berasal dari Jawa Tengah tepatnya kota Cepu. (Oh sorry for that brader hahaha…. Ed)
JY : Pernah nggak ESP melakukan deal dengan band-band luar negeri, seperti band-band dari Spanyol, Australia,Philippines and etc ?
Iwan ESP : ESP pernah merelease Brodequin, Lividity, Malignancy, Soils Of Fate, Avulsed,Disgorge (Mexico) dan lain lain.
JY : Untuk masalah pendistribusian, Apakah kamu menjalankannya sendiri atau Adakah distro/metal shop yang lainnya untuk melakukan kerjasama dengan ESP dalam hal pendistribusian ini ?
Iwan ESP : Pendistribusian ESP disebar di Indonesia dengan bekerja sama dengan distro-distro yang ada dan beberapa pendistribusian dengan beberapa label luar.
JY : Seperti yang kita ketahui , Internet adalah merupakan suatu fasilitas yang sangat mutakhir pada jaman sekarang ini. Dan kita juga bisa melihat banyaknya ‘free download album bands dari abjad A-Z’ yang terdapat di situs internet / blogspot. Bagaimana tanggapan mu akan adanya hal ini ? Apakah hal ini memberikan dampak yang sangat negative untuk sebuah label/record atau ?
Iwan ESP : Secara jujur yaa…maka saya pribadi sangat salut dan bangga untuk label-label yang masih bertahan berdiri diatas produk bajakan dan free download [??] yang merajalela di mana-mana.
JY : Apa sih ‘the highest points or best memories’ selama kamu menjalankan Extreme Souls Production ini ?
Iwan ESP : Hmmm..melihat bands ESP yang menjadi besar dan terus berkarya.
JY : Beberapa tahun yang lalu, kalau tidak salah saya sempat mendengar jika ESP sempat mengalami musibah alias kebangkrutan. Apakah hal itu benar ? Dan apa yang memotivasi kamu untuk bangkit kembali dan menjalankan Extreme Souls Production ini ?
Iwan ESP : Bisa dikatakan iya...kami mengalami kesulitan keuangan dan ada sesuatu masalah yang tidak bisa di katakan di sini. Saya sempat mebuka counter  handphone beberapa tahun tapi hati kecil saya tidak bisa di pungkiri ..saya cinta mati alias ‘love death’ ke musick underground. Walaupun selangkah demi selangkah untuk bangkit tapi saya tidak akan mundur.
JY : Saya tahu, banyak sekali Metal Fest yang berlangsung di kota Bandung serta band-band yang tampil sangat luar biasa. Dan saya yakin jika Kamu sering melihat secara langsung performance mereka. Adakah band-band new comer dari kota Bandung yang menurutmu sangat antusias untuk rilisan kedepannya nanti ?
Iwan ESP : Ohhh..pasti ada [dari luar Bandung juga ada..]..lihat aja for next release.
JY : Just a side question nih bro, Bagaimana menurutmu tentang Busuk Webzine ?
Iwan ESP : Sangat positif sekali..Busuk Webzine bisa memberikan berita-berita / info untuk para metalhead [apalagi kalau ada dalam bentuk majalahnya..makin bahayaaaa]. ( hahahaha thanks brader….Ed)
JY : Bagaimana menurutmu tentang kemajuan band-band metal di Indonesia saat ini ?  
Iwan ESP : 100% salut sakaligus bangga..Di Indonesia ternyata banyak bands bagus yang tidak kalah oleh bands luar negeri.
JY : Terima kasih telah mendukung Busuk webzine serta atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari saya. Sukses selalu untuk Extreme Souls Production. Dan sebelum menutup wawancara ini, Adakah pesan-pesan terakhir untuk para pembaca busuk webzine ?
Iwan ESP : Aminnnnnnnnnnnn.... to para metal head & band di Indonesia jangan takut to maju dan berkarya..saya yakin kalian bisa !!
Untuk informasi tentang ESP label/record ini bisa kalian kunjungi di linknya yaitu :  

(Diwawancarai oleh John Yoedi, 8 Maret 2012)

No comments:

Post a Comment