Saturday, December 31, 2011

INTERVIEW: Wawancara dengan Reviled ( Slaming Death Metal from Bali, Indonesia )



Siapa sih yang tidak mengenal kota Bali ? Bali adalah kota yang terkenal dengan wisatanya dan memiliki lonjakan wisata terbesar di Indonesia….salut untuk kota Bali. Selain itu juga di kota Bali memiliki beberapa band-band brutal seperti yang pernah kita dengar yaitu Eternal Madness, Infectous Arteries, Trojan, Rezume dan Bersimbah Darah. Tapi jangan dilupakan pasukan anak-anak muda ‘the young guns’ kini mulai banyak bermunculan di Kota Bali, Kita sebut saja salah satu dari mereka yaitu REVILED. Band yang terbentuk pada akhir bulan November 2009 ini memainkan musick Slamming Groove Guttural Death Metal dan telah berhasil merampungkan ‘promo slut 2011’ yang dimuntahkan beberapa waktu yang lalu. Band yang terinfluence oleh band-band bule seperti Devourment, Abominable Putridity, Internal Bleeding, Cephalotripsy dan Katalepsy ini akan segera mempersiapkan full length albumnya pada tahun 2012. Ok lah pada kesempatan ini, saya telah melakukan wawancara via online dengan Wahyu sang Bassis dari Reviled. Inilah hasil wawancara kami….. :

JY : Hi wahyu, apa khabar mu dan juga teman-teman di Reviled ? Ada kegiatan apa di base camp reviled saat ini ? 

Wahyu : Hi bro, kabar kami baik-baik aja. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada Busuk webzine udah mau interview band kami. Saat ini kami sedang mengumpulkan materi untuk album EP kami yang akan rampung ditahun 2012.

JY : Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat atas keluarnya demo Reviled, bagaimana dengan respon yang telah didapat sejak keluarnya demo 2011 ini ? Apa ada title untuk demo kalian ?

Wahyu : Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mendengarkan karya-karya dari kami. Demo kami  telah mendapat respon yang cukup baik dari metal scene khususnya di Bali. Dan kami akan terus berkarya agar mampu menembus kancah industri musik nasional maupun internasional.. Title dari album promo kami yaitu Promo Slut 2011. Dimana berisi 3 lagu yaitu: 1.Putridity, 2.Detriment Body Organs, 3.Rotting Body Preserved..

JY : Ceritakan secara singkat tentang band kalian 'Reviled'. Kapan terbentuknya, line up terbaru ? Dan apakah ada pergantian personil sampai saat ini sejak terbentuknya Reviled ?

Wahyu : Reviled terbentuk pada akhir bulan November 2009. terdiri dari 4 personil yaitu: Yudhi - Vocal, Choky - Gitar, Wahyu - Bass, Indra - Drum. Dan sejak awal berdirinya kami sampai saat ini tidak pernah melakukan pergantian personil.

JY : Menurutmu siapa yang mempunyai Ide untuk memakai nama Reviled ? Apakah kalian yakin nama ini cocok dengan jenis music yang kalian mainkan ? Apa arti / makna dari nama itu sendiri menurut opini kalian ?

Wahyu : Ide nama Reviled didapat dari Indra ‘drummer’ kami yang katanya memiliki arti caci maki. Arti kata caci maki yang kami maksud disini yaitu caci makian masyarakat awam terhadap aliran musik underground. Yap kami yakin nama ini cocok untuk aliran musik kami yang juga berada di bawah bendera musik underground..

JY : Coba ceritakan sedikit tentang proses recording dari Promo Slut 2011 ini ? Puaskah kalian dengan hasil dari recording tersebut ?

Wahyu : Penggarapan album Promo Slut 2011 tidak memakan waktu yang cukup lama, kami recording  sekitar 3hari di Dickie studio Denpasar. Proses recording kami kerjakan bersama Dickie (operator dan yang punya studio) lalu mixing dan mastering kami percayakan pada Alan (Funeral Inception) pada bulan berikutnya. Dan jujur kami cukup puas dengan hasil recording tersebut..

JY : Adakah kompilasi yang pernah kalian lakukan ?

Wahyu : Setelah promo album kami keluar. Kami membuat duplikat cd dalam format CDR dengan jumlah yang terbatas karena keterbatasan dana dan band kami belum memiliki manager. Setelah membuat duplikat cd dalam format CDR lalu kami titipkan kepada Richo (Bersimbah Darah) yang saat itu sedang melakukan tour untuk dibagikan langsung kepada pemilik label local. untuk kedepan kami berangan2 album kami dirilis oleh  label Internasional, seperti Sevared Records (Usa) dan Unique Leader Records (Los Osos, CA).

JY : Bagaimana kamu mendiskripkan Reviled kedalam hal music ? Band-band apa saja yang mempengaruhi music Reviled ?

Wahyu : Musik kami ber genre 'SLAMMING GROOVE GUTTURAL DEATH METAL' yang terinfluence oleh : Abominable Putridity, Devourment, Internal Bleeding, Dehumanized, Katalepsy,  dan masih banyak brutal band lainnya.

JY : Sejak kapan kamu mulai mendengarkan dan menyukai music slamming death metal ini ? Apakah kamu menyukainya dari hati mu sendiri atau pengaruh dari seorang teman ?

Wahyu : Kami mulai mendengarkan music-music slamming sejak tahun 2007, dimana pada saat itu kami mengenal band-band yang beraliran slamming dari luar negeri melalui internet. Band yang pertama kali kami dengar yaitu Devourment yang saat itu mengeluarkan albumnya di tahun 2005 bertitle Butcher The Weak. Lalu Abominable Putridity yang mengeluarkan albumnya di tahun 2007 yang bertitle In the End of Human Existence dan setelah itu kami pun sepakat membentuk sebuah band yang influencenya seperti band-band tersebut..Tidak ada pengaruh dari pihak manapun karena kami memang senang mendengarkan dan memainkan music-music Down tempo yang membuat kami enjoy bermain musik

JY : Apakah kalian sampai saat ini sudah mempersiapkan materi – materi baru yang nantinya dipersiapkan untuk full length album ? Dan apakah sudah ada labels/records yang bakalan menangani full length album kalian nanti ?

Wahyu : Sampai saat ini kami sudah mempersiapkan beberapa materi baru untuk full length album kami di tahun 2012 yang akan berisi 8 lagu. Untuk saat ini belum adalabels/records yang akan menangani dan kami sedang mencari labels/records yang mau merilis album kami di tahun 2012.

JY : Labels/Records yang bagaimana yang dapat bisa membuat kalian deal ?

Wahyu : Kami mencari label/records yang intinya mampu mempromosikan album kami dan selalu 
memberi support terhadap karya-karya kami.

JY : Sejauh ini, kalian sudah manggung di kota mana saja ? Dimana tempat yang paling berkesan ?

Wahyu : Sampai sejauh ini kami sudah pernah manggung di beberapa kota di Bali dan kami juga sudah pernah manggung di luar pulau Bali. Dan tempat yang paling berkesan yaitu saat kami pertama kali menghajar panggung di pulau seberang yaitu di acara Banyuwangi Metal Gerilya 4. Kenapa acara tersebut sangat berkesan ? karena dari acara tersebut kami mulai didengar oleh penikmat musik metal dari luar pulau Bali dan banyak pengalaman dan pelajaran yang kami dapat selama berada disana..

JY : Bagaimana tentang scene death metal di Bali saat ini ? Adakah band-band sadis yang patut diwaspadai ?

Wahyu :  Perkembangan scene metal di Bali saat ini sangat berkembang pesat. Banyak band-band metal bertalenta yang mulai bermunculan dan patut diperhitungkan. Sangat banyak band-band muda yang sadis dan patut diperhitungkan antara lain: Bloodhatred, Suppurate, Pluverigore, Dying For An Autopsy, Vilocyraptor dan masih banyak lagi band Bali yang akan menghancurkan gendang telinga para metalhead di Indonesia.

JY : Apakah ada kendala untuk mengadakan acara metal fest di Kota Bali sekarang ini , seperti gedung, ijin dengan kepolisian dan sebagainya ?

Wahyu : Sangat banyak kendala untuk mengadakan acara di Bali seperti masalah ijin yg berbelit-belit, Sewa gedung yang lumayan mahal dan sponsorship yang kurang, itu saja menurut kami.

JY : Apa rencana kedepan dari Reviled ?

Wahyu : Untuk rencana kami kedepan di tahun 2012 yaitu merilis album dan mendapatkan  labels/records yang mau merilis album kami..

JY : Terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari Kami. Sebelum menutup wawancara ini, adakah pesan-pesan untuk Busuk Webzine dan Pembaca disini?

Wahyu : Oke sama-sama brad, makasih juga udah mau interview kami.  Semoga busuk webzine tetap eksis dan banyak yang baca dari segala penjuru dunia !
Jangan lupa untuk kunjungi website kami di : 


Check their f***in sick song 'Putridity' on here :



(Diwawancarai oleh John Yoedi, Desember 31, 2011)

No comments:

Post a Comment