Thursday, July 3, 2014

INTERVIEW: My interview with Determination (Sungaiguntung, Riau, Sumatra Gothic Metal) (Bahasa Indonesian)



JF1: Hai,bisakah kamu ceritakan sejarah terbentuknya Determination hingga sekarang?..
DN 1: Baiklah..terbentuk Determination di sungai guntung - riau ,15 mei 2011 pada saat itu Noer (guitar/growl), Evie (drum), Desi (vocal) yang ngejamming dari studio ke studio yang ada di sungai guntung dan berhayal berkeinginan manggung di event musik yang ada disana tapi mereka tidak berhasil manggung karena tidak ada yang membatu kami pada saat itu.akhirnya Desi mengundurkan diri dan determination vakum....singkat cerita pada 11 April 2012 Evie dan Noer berinisiatif membangkitkaan kembali Determination dengan personil : NOER (guitar/ growl), EVIE (vocal),NIYA (bass), NDAA (vocal/growl),Effendy.Ars (additional drum) dan kami latihan di kita music studio selama 11 bulan tampa arah yang pasti serta melangkah dipanggung untuk pertama kali di event gurindam berisik # 2,23 maret 2013 disungai guntung dan merekam alam mimpi yang hilang di fof home studio untuk dijadikan single yang kami perdengarkan di acara pesta perkawinan teman bersama Genata band dan Cleonima...
JF2: Bagaimana respon orang - orang dengan mini album/album/demo band kamu ?...
DN2: Sampai saat ini keluarga dan teman - teman merespon kehadiran determination sangatlah memuaskan dengan promo demo determination yang kami sebarkan dari tangan ke tangan serta kami upload di facebook dan youtube semoga kedepan lagi respon teman - teman lebih memuaskan daripada sekarang...
JF3: Band apa yang paling berpengaruh bagi kalian dalam bermain musik ?...
DN3: Setiap personil Determination punya influence sendiri - sendiri karena kami semua suka semua jenis musik yang kami suka.dalam penciptaan lagu - lagu determination influence: metallica, within tempation, evanescane, total tragedy, inner beauty dan band lainnya.
JF4: Apa rencana kedepan kalian bersama Determination ?...
DN4: Rencana kami sekarang fokus dalam menyelesaikan mini album determination yang bermateri 5 atau 8 lagu pada saat sekarang sudah kami kemas dalam betuk demo yang proses merekamnya di fof home studio.untuk sekedar informasi lagu - lagu determination itu.. 1. Aksara cinta luka 2. Alam mimpi yang hilang 3. Sukma terselubung pilu 4. Meraga dalam bayangan Semoga secepatnya dirilis dalam format mini album..
JF5: Apakah lagu - lagu yang kalian buat menggunakan bahasa inggris dan bahasa indonesia ?...
DN5: Semua lagu - lagu determination menggunakan bahasa indonesia karena 2 vokalis beralasan mudah menjiwai setiap lirik yang kami tulis bersama - sama ini...
JF6: Apa yang kalian ceritakan dalam lirik - lirik yang kalian buat ?...
DN6: Tema lirik yang kami ceritakan pada setiap lagu determination bercerita tentang kekecewaan dan kesedihan cinta dalam artian luas serta penderitaan umat manusia dalam kehidupan kesaharian kita yang kami dalam gaya bahasa puitis kemungkinan teman - teman sulit mengerti dan saran kami berpikirlah dengan cara teman - teman untuk mendapatkan makna positif atau negatif dari setiap lagu - lagu determination..
JF7: Mengapa kalian semua suka memainkan musik death metal ?..
DN 7: Determination memainkan genre gothic metal.tidak menutupi kami suka genre death metal serta genre lainnya..energi bertenaga bro/sist..!!!.
JF8: Kapan pertama kali kamu menjadi fans metal ?..
DN8: semenjak sepupu kami yaitu Effendy.Ars buka fetish music merchandise secara umum di tahun 2010 kemarin.dia selalu memplaykan lagu - lagu metal di fof music merchandise dan kami disuruh dia untuk menjaga fof music merchandise karena dia pergi ke studio bersama teman - temannya.
JF9: Apa yang kalian katakan pada orang - orang yang bertanya mengapa kamu memainkan musik bergaya barat ?..
DN9:  Menurut pendapat kami musik itu universal,baik barat maupun timur tujuannya hiburan..yang terpenting jiwa dalam diri harus sadar darimana kita berasal..jujur saja kami tidak bisa memainkan alat musik daerah tapi kami menghargai dan menghormati...
JF10: Apakah para istri dan kekasih para personil kalian mendukung apa yang kalian kerjakan ?...
DN 10: Keluarga kami mendukung dengan aktivitas kami di determination dan determination manggung mereka selalu hadir untuk melihat kami manggung dan setelah manggung dirumah mereka selalu kritik kekurangan kami dengan harapan mereka untuk kedepannya jangan ulangi kesalahan yang telah terjadi...
JF11: Apakah hal - hal yang terbaik dan terburuk tentang komunitas dikota kalian ?..
DN11: Menurut pandangan kami tidak ada hal yang buruk dilingkungan musik di sungai guntung dan indragiri hilir terutama di komunitas underground riau pada umumnys saling dukung.sekarang di riau bermunculan band - band baru berbagai genre sehingga memicu semangat determination tetap semangat,bersahabat,bertahan dan berkarya..
JF12: Rencana apa yang kalian buat bersama determination untuk kedepannya
DN 12: Rencana kedepannya lagi setelah diri lis mini album,akan merilis single,tshirt,stikers,emblem dan merilis full album dan bertahan,berkarya..
JF13: Di acara apa yang kalian merasakan itu stage yang berkesan ?..
DN: Semua panggung yang telah determination lewati bersama teman - teman sangatlah berkesan terutama pada event gurindam berisik # 3, 26 januari 2014 kemarin karena pada waktu hadir band - band metal dari daerah tembilahan,selat panjang,bengkalis,dumai juga band - band dari sungai guntung.kami berpesta bersama - sama satu panggung..
JF14: Ada pesan untuk kawan - kawan ?..
DN14: Terimakasih dukungan dari semua keluarga kami dan teman - teman semua yang telah membatu determination dan semua dukungan para metalhead..semoga kedepan determination tetap bertahan dan diterima oleh jiwa kita semua...and you're the darkness..keep underground survive..
JF15: Ok. Terimakasih banyak ?..
DN15: Sama - sama brother Jack frost atas wawancara ini kami menghargai semoga busuk website tetap jaya..iyeaahhh.


 


No comments:

Post a Comment