Saturday, March 2, 2013

Interview dengan Arthurt dari Band ‘Impian Hitam’ (Black Metal dari Balikpapan, Kalimantan Timur).



Memang tidak begitu banyak band-band black metal di Kota Balikpapan ini dibandingkan beberapa tahun yang silam dan sepertinya sudah benar-benar tenggelam. Mungkin karena jarangnya diadakan event metal serta sulitnya untuk mendapatkan fasilitas atau perijinan dan sebagainya. Namun hal ini terjadi bukan pada genre Black metal saja tapi juga berdampak ke genre lainnya. Ditahun 2012 terbentuklah Impian Hitam yang mana mereka mencoba untuk membangkitkan kembali para Blacker khususnya di Kota Balikpapan ini untuk tetap terus mengembangkan musik black metal. Dan mereka telah mengikuti beberapa event metal serta mereka telah memiliki 3 lagu yang nantinya akan segera dimuntahkan untuk demo pertama. Baiklah, disini Busuk Webzine mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Gitaris mereka yaitu Arthurt. Silahkan disimak hasil wawancara kami ini.

John Yoedi : Hello Arthurt terimakasih banyak telah bersedia untuk melakukan wawancara dengan kami ‘ BUSUK WEBZINE ‘ Saya dan Kieran James ( Australia ) berbagi di blog ini. Apa kabarmu dan juga para personil Impian Hitam ?

Arthurt : Alhamdulillah, kami semua baik-baik dan sehat wal’afiat… dan sibuk dengan urusan masing-masing ada yang kerja dan ada juga yang masih sekolah, sibuk dengan ujiannya. Tapi tetep selalu sering dalam band dan membuat lagu. Terima kasih kembali juga buat BUSUK WEBZINE, terutama buat Yoedi Busuk dan Kieran James sudah mau menginterview band kecil kami…

John Yoedi : Bisa nggak kamu ceritakan sedikit siapa yang memiliki ide pertama kali untuk membuat Impian Hitam ? dan siapa aja line up saat ini ?

Arthurt : Sebetulnya yang punya ide gila ini saya, karna menurut saya sudah tidak ada lagi band Black metal khususnya di Balikpapan. dan band saya yang lama juga black metal ( Dunia Lain) tetapi sudah vacum. Jadi terlintas kembalilah ide gila saya untuk membangkitkan kembali genre black metal khususnya di Balikpapan. mudah-mudahan dengan adanya Impian Hitam dapat membangkitkan kembali jiwa blackers kalian yang telah terkubur terlalu lama. Line up Impian saat ini.
·         Jaka       :        Scream  dan growl
·         Arthurt   :        Led guitar
·         Japra      :        Bass
·         Ariez lord:        Drum
Mudah-mudahan posisi ini dapat bertahan hingga nafas kami semua telah terhenti.

John Yoedi : Seperti yang saya baca di profil band kalian, bahwa Impian Hitam barusan terbentuk di tahun 2012. Sudah ada berapa lagu yang telah kalian miliki sampai sejauh ini ?

Arthurt : Yuuuuuuppppsss,,,,, Impian hitam memang baru terbentuk di awal tahun 2012. Tetapi jiwa kami telah lama terhipnotis oleh alunan music black metal. Untuk sejauh ini Impian Hitam telah menciptakan tiga buah lagu.
·         Pemuja kegelapan
·         Hancurnya pasukan hitam
·         Ahli sihir (Ilmu hitam)

John Yoedi : Lirik-lirik lagu kalian menceritakan tentang apa saja ? dan siapa yang bertanggung jaawab dalam membuat lirik dan mengaransemen musik di band kalian ?

Arthurt : Untuk lirik-lirik lagu kita kebanyakan menceritakan kegelapan, mistik, dan kejayaan setan dalam diri manusia, di setiap lirik-lirik kami, terdapat pesan moral, dimana apabila seseorang melakukan dan terjerumus dalam janji setan, akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan. Seperti contoh lagu kami pemuja kegelapan. Dimana manusia kebanyakan mencari harta secara tidak halal, dengan cara mencari tempat keramat dan memberi sesajen pada tumbuhan ataupun benda mati. Mudah-mudahan orang yang melakukan seperti itu bisa segera bertaubat, karena semuanya akan kembali kepada sang khalik. Untuk yang bertanggung jawab dalam membuat lirik adalah kita semua, tetapi yang paling dominan dalam pembuatan lirik, Ariez lord dan Jaka. Untuk aransemen lagu impian hitam saya sendiri, dan Ariez lord.

John Yoedi : Impian Hitam terbentuk di Balikpapan Kalimantan timur, dan kalian mengusung konsep Harmony Javanese Black metal. Apa alasan kalian mengusung konsep Javanese ? Sedangkan kalian terbentuk di Kalimantan, padahal aroma mistisnya di Kalimantan juga banyak.

Arthurt : Sampoerna, Impian Hitam memang terbentuk di Balikpapan Kalimantan Timur, dan Impian Hitam juga mengusung konsep Harmony Javanese Black metal. Alasan kami kenapa kami tidak mengusung konsep dari asal kota kita tinggal yaitu Borneo. Sempat dulu ada masukan dari seorang teman, untuk mencoba mengusung konsep Borneo black metal, sempat untuk mendengarkan alunan-alunan nada dari Borneo, dan setelah saya mencoba untuk mengaplikasikan untuk menjadi harmony, saya sempat kebingungan sendiri, dan mungkin hanya sedikit yang saya dengar alunan-alunan musik Borneo, sehingga inspirasi untuk membuat alunan harmony Borneo sangat minim sekali, dan mungkin juga karna saya bukan asli penduduk Borneo, saya cuman lahir di borneo, jadi untuk mendarah dagingkan music Borneo butuh proses dan waktu yang lama, karna bagi saya sendiri sangat sulit untuk mengaplikasikannya menjadi harmony. Itulah alasan saya karna tidak mengusung konsep dari kota kita sendiri di Balikpapan.

John Yoedi : Band-band apa saja yang mempengaruhi music kalian ? apakah kalian memiliki style tersendiri ?

Arthurt : Untuk band-band yang membuat kita terinfluence sangat banyak sekali, baik dari luar negri dan dalam negri. Seperti cradle of filth, Dimmu borgir, massakren, sothis, zalim, santet, mathemphysofie, makam, hellgods dan masih banyak lagi… untuk style Impian Hitam sama sepeerti band-band black metal pada umumnya dengan menggunakan masker, tetapi untuk manggung Impian hitam selalu bakar dupa, gak ada maksud apa-apa. Membakar dupa di setiap manggung itu untuk cirri khas kita sendiri aja .

John Yoedi : Apa arti dari nama band kalian ‘ Impian Hitam ‘? Apakah ada arti yang sangat khusus / signifikan ?

Arthurt : Makna dari Impian Hitam adalah dimana kita berempat memiliki mimpi untuk membangkitkan kembali para blackers yang telah lama tertidur , khususnya di balikpapan. Jadi makna impian hitam bagi kami sebuah mimpi hitam untuk blackers.

John Yoedi : Apakah lagu-lagu kalian menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia ?

Arthurt : Untuk lagu-lagu kita sendiri menggunakan bahasa Indonesia, agar lebih di mengerti oleh orang-orang Indonesia sendiri. Jadi mereka tidak bisa mengritik bahwa lagu kami hanya teriak-teriak saja, kebanyakan orang awam selalu menganggap musik kita tanpa lirik dan hanya teriak- teriak yang gak jelas, jadi jangan hanya bisa memvonis, dengarkan dan artikan makna dari setiap lirik-lirik kami. Bukan seperti lirik-lirik yang slalu dengan kata cinta.

John Yoedi : Bagaimana menurutmu tentang komunitas metal di Balikpapan saat ini ?

Arthurt : Cukup banyak peminatnya, terutama pada generasi muda, dan bukan hanya itu, banyak juga di balikpapan bermunculan genre-genre. Yang penting jangan jadi benalu lah, asal distorsi gitar agak berat terus musik sedikit keras di bilang metal. Berbeda genre bukan berarti kita berbeda, karna kita semua saudara, yang penting jangan jadi benalu, maju terus buat scene metal Balikpapan, support your local underground,,, pokoknya Mmmmmmmeeeetttttaaallll sssssaaaaammmppeeee mmmmmaaammmmppppuuuusssssss.

John Yoedi : Apakah kalian lebih suka untuk manggung di setiap event metal di Balikpapan atau lebih suka dan focus untuk membuat lagu ?

Arthurt : Sebetulnya ada keinginan untuk recording, tetapi ada satu keadaan dimana bass Impian Hitam masih dalam keadaan persiapan ujian, jadi kita tahan dulu untuk proses recordingnya. Dan karna band kita masih kecil, jadi sebagai pembuktian juga. Bahwa black metal tidak pernah mati, karna kami akan slalu ada dari hidup hingga mati dan saat di hidupkan kembali.

John Yoedi : Di event manakah yang paling berkesan menurut kalian ? 

Arthurt : Berhubung kami masih band kecil jadi untuk manggung tidak terlalu banyak, tetapi yang berkesan bagi kita waktu acara RESURRECTION OF METAL #3. Pas acara itu soundnya mantap abis. Sukses buat yang ngadain acara RESURRECTION OF METAL #3

John Yoedi : Apa tujuan dan rencanamu bersama Impian Hitam ?

Arthurt : Untuk rencana kedepannya sih ngerecord sebagai pembuktian bahwa kreatifitas kita bukan hanya di panggung, mohon do’anya buat temen-temen.

John Yoedi : Terima kasih atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari kami, dan telah mendukung BUSUK WEBZINE. Sukses selalu untuk impian hitam. Sebelum menutup wawancara ini, adakah pesan terakhir untuk para pembaca ?

Arthurt : Terima kasih kembali buat BUSUK WEBZINE. Terutama buat Yoedi Busuk dan Kieran james. Sukses juga buat Busuk Webzine.  Buat para pembaca jangan pernah berhenti untuk membaca, karna membaca membuat wawasan kita bertambah, maju terus buat metal head. Dan jangan lupa untuk visit ke link kami di www.facebook.com/impianhitam. See you next time.

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 1 Maret 2012)

No comments:

Post a Comment