Thursday, September 27, 2012

Wawancara dengan STIGMATUARY (Brutal Death Metal dari Bandung – Indonesia)


STIGMATUARY, Pengusung brutal death metal ini terbentuk di Kota Kembang Bandung pada tanggal 17 Juni 2008. Berawal dari sebuah band project dengan line up awal : Benk (Vocal), Novan (Guitar), Sandhi (Bass), Days (Drum). Pada akhir tahun 2011 terjadi perubahan pada line up dikarenakan kesibukan dari beberapa personil, dengan bergabungnya Isan pengganti sandi pada bass dan Stone pengganti Days pada Drum. stigmatuary berubah dari band project menjadi band yang lebih fokus pada jalurnya. Pergantian personil ini menjadi titik terang bagi stigmatuary untuk lebih mapan di jalur Brutal Death metal terlebih dengan bergabung Faiz pada Guitar yang jelas menjadikan band brutal death metal berdomisili di Bandung Selatan ini lebih mengepakan sayap dan berdiri tegak di dunia musik khususnya musik brutal death metal itu sendiri.
Dengan line up tetapnya sampai saat ini : Benk (Vocal), Novan (Guitar), Faiz (Guitar), Isan (Bass), Stone (Drum), pada pertengahan tahun 2012 stigmatuary baru memuntahkan 1 single lagu “Concept Of Human Torture” dengan konsep dari beberapa influence yang sangat kental seperti Disgorge, Septycal Gorge, Gorgasm, Deeds of Flesh dan beberapa pioneer brutal death metal lainnya. So listen and enjoy!!!

Pada kesempatan kali ini, BUSUK WEBZINE telah melakukan interview dengan mereka, lets read it now ..... 

JY : Hello bro, Apakhabar ? Thanks a lot yah udah mau bersedia untuk melakukan interview dengan Busuk webzine. Kieran James (Australia) dan Saya telah share di webzine ini. Ok, lagi ada kegiatan apa nich di STIGMATUARY camp saat ini ?

STIGMATUARY : Sama-sama bro, Makasih dah mau interview kami.. Saat ini kami sedang fokus buat materi-materi lagu baru, dan manggung sana-sini buat promo…heu..

JY : Siapa saja line up terbaru untuk band kalian ini ? Apakah kalian sangat yakin dengan line up yang sekarang ini dan akan dapat bertahan lama ?

STIGMATUARY : Line up terbaru kami terdiri dari Benk (vocal), Novan (guitar), Faiz (guitar), Isan (bass), dan Stone (drum), mudah-mudahan tetap bertahan dengan line up ini, Kami tidak menutup kemungkinan akan tetap seperti ini, masalah bertahan lama hanya waktu yang menjawab tapi kami tetap berteguh dan berusaha untuk tidak pernah cerai berai apalagi bubar hiduplah Indonesia Raya… (yang penting tetap pada jalur dan tidak sampai bubar.. hahahaha). Di setiap karakter personil kami memiliki keinginan berekpresi pada jalur death metal ini, jadi sepertinya kami akan tetap maju terus pantang mundur.

JY : Band kalian terbentuk di tahun 2008 dan sudah lumayan cukup lama band kalian ini berjalan selama 5 tahun sampai saat ini. Bisakah kalian ceritakan sedikit tentang Mahakarya apa yang telah kalian hasilkan sampai saat ini ?

STIGMATUARY : Kami sudah mempunyai beberapa lagu, dan beberapa materi yang sedang kami buat. Menurut kami baru 1 yang pantas untuk dipublikasikan yaitu lagu bertittle ‘Concept of Human Torture ’yang dibantu oleh teman kami Jack dari “Devormity” dan Alhamdulillah respon dari penikmat musik death metal sangat baik dan positif. Dan untuk kedepannya kami akan mengeluarkan cd promo kami.

JY : Apa alasan kalian untuk memainkan musik brutal death metal ini ?

STIGMATUARY : Brutal death metal merupakan sebuah tantangan besar bagi kami, dari materi musik maupun sound nya.. suatu pelajaran yang penting bagi kami, sampai saat ini kami masih terus belajar untuk membuat sebuah musik brutal death metal menjadi lebih mapan ditelinga para pendengarnya.

JY : Band brutal death metal apa saja yang pertama kali kalian dengarkan sehingga memutuskan untuk memainkannya ?

STIGMATUARY : Pertama kali yang kami dengarkan adalah Disgorge, band brutal death metal idaman kami, kami sangat terinfluence oleh band tersebut… sangat luar biasa mereka memadukan sound dan materi musik di dalam lagunya..

JY : Dan siapa yang pertama kali memiliki ide untuk membentuk STIGMATUARY ? Dan bisakah kalian menjelaskan tentang arti nama band tersebut ?

STIGMATUARY : Yang mempunyai ide pertama adalah benk, cerita singkat proses dan arti dari nama tersebut sebenarnya sangat simple, pada awal tahun 2008 Benk sendiri mempunyai sebuah band “Everage” dan memiliki judul lagu stigma, pada saat Benk memutuskan untuk cabut dan membentuk sebuah band.. dari pada susah nyari-nyari kata dan arti yang pas, kata stigma dari judul lagi tersebut sangat cocok untuk dipakai nama band dengan arti sebagai orang yang sudah mempunyai noda/cela menurut orang yang memandang/menilai orang tersebut (katanya sih hehe). Kata stigma untuk sebuah nama band sudah banyak dipakai, malahan mungkin ada lusinan nama band dengan kata stigma jadi kita nyari solusi yang agak mantep dan ga ada yang make dari mulai stigmata, stigmatism, stigmatic, stigmatuary.. dan yang menurut kami pantas dan jarang dipakai untuk sebuah nama band dengan jalur musik brutal death metal adalah Stigmatuary.

JY : Mengingat umur band kalian yang lumayan cukup lama berkiprah dijalur musik bawah tanah ini. Kapan sekiranya kalian akan mempersiapkan untuk first full length album ? Dan sudah ada berapa materi lagu baru sampai saat ini ?

STIGMATUARY : Kebetulan kami juga mendapat tawaran dari label luar, insya Allah tahun 2013 kami siap untuk full length album dan untuk saat ini kami hanya akan mengeluarkan cd promo dan beberapa merchandise, materi untuk lagu sendiri sebenarnya sudah banyak.. cukup untuk 8-9 lagu dan baru rampung 4 lagu.

JY : Disgorge, Septycal Gorge dan Deeds Of Flesh adalah merupakan band-band yang menjadi inspirasi untuk band kalian dan sound musik mereka sangatlah brutal dan sadis. Bisakah kalian menceritakan sedikit tentang karakter sound musik yang kalian mainkan sampai saat ini ?

STIGMATUARY : Kami sendiri masih mencari karakter sound musik kami, kami pada dasarnya masih mencari dan belajar untuk masalah sound, sound itu sangat sensitif jadi harus benar-benar ditemukan letak enak dan pas nya. Mungkin pada proses recording nanti kami akan mendapat ciri khas dari karakter kami dan sound yang kami inginkan.

JY : Apakah kalian pernah ikut berpartisipasi dalam beberapa kompilasi metal di tanah air ini ?

STIGMATUARY : Sampai saat ini kami belum berpartisipasi dalam kompilasi metal, kedepan nya ada 1-2 kompilasi yang kami ikuti katanya dalam tahap proses..

JY : Dan sampai sejauh ini kalian pernah manggung di acara metal fest mana saja ? Dan, dimana menurut kalian yang paling berkesan ?

STIGMATUARY : Saat ini kami banyak manggung di gigs-gigs komunitas, dan ada beberapa yang sudah confirm untuk acara selanjutnya.. semua acara membuat kami berkesan dan yang paling berkesan mungkin di acara pertengahan tahun 2008 “Gejola Kawula Muda”.

JY : Ketika kalian manggung di acara metal fest, apakah kalian membawakan lagu ciptaan sendiri ataukah masih sering membawakan lagu-lagu dari band lain ?

STIGMATUARY : Saat manggung kami belum pernah membawakan lagu dari band lain, malahan untuk next show kami berniat akan membawakan 1 lagu dari gorgasm

JY : Bagaimana menurut kalian tentang BUSUK WEBZINE ? Di BUSUK WEBZINE, Kami telah mencoba untuk melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan, disamping itu kami juga akan tetap terus berusaha untuk update news setiap hari serta berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk para pembaca semua.

STIGMATUARY : Keren bro.. awesome, hade madep mantep cek bahasa gaul mah.. busuk webzine mengenalkan band-band berbahaya, sadis dari Indonesia dengan 2 versi bahasa orang bule diluaran sana akan mengetahui betapa banyaknya band Indonesia yang tak kalah keren dari luaran sana.. keep update bro.. tetap cumungudth..

JY : Bisa nggak, kalian sebutkan 5 band brutal death metal tersadis di Indonesia ?

STIGMATUARY : Semua band brutal death metal di Indonesia pada sadis dan mempunyai skill yang hebat, menurut kami yang tersadis adalah.. Dajjal, Jasad, Death Vomit, Lumpur, Bleeding Corpse.

JY : Banyak sekali terdapat band-band baru yang terbentuk namun tak lama kemudian setelah merampungkan demo cd atau first full length album mereka bubar atau vakum dan biasanya hanya masalah klasik seperti contohnya karena masalah sekolah, pekerjaan dan alasan lainnya. Bisa nggak kalian ceritakan Visi dan Misi untuk band kalian ini ? Apakah kalian akan terus berkarya atau band ini terbentuk hanya untuk sekedar menghilangkan stress alias sebagai band projectkan ?

STIGMATUARY : Visi dan Misi kami sangat simple “Ingin benar-benar berkarya terhadap jalur brutal death metal pada khususnya dan menunjukan kualitas dari skill maupun musikalitas kami dalam musik brutal death metal”, kami semua hidup dinaungan musik death metal, mungkin banyak menjadi Inspirasi bagi kami. Jadi kami akan tetap berkarya

JY : Ok, thanks atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari Kami. Sukses selalu untuk STIGMATUARY. Adakah last comment untuk para death freaks seluruh tanah air ini ?

STIGMATUARY : Okeh terima kasih banyak busuk webzine…untuk kalian para death freaks tetap support kami tanpa kalian kami tidaklah berarti, tetap teguh pada jalur death metal scene dan tetap berkarya stay brutal... cumungudth cumungudth ea ea… untuk info kami silahkan cek : http://www.facebook.com/STIGMATUARY
dan jangan lupa like dan dengarkan lagu kami.

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 18 September, 2012)

No comments:

Post a Comment