Monday, April 9, 2012

INTERVIEW: My interview with Bayu Bandawa of OUTLANDER (slamming/ brutal death-metal, Yogyakarta/ Pontianak, Indonesia) (Bahasa Indonesian)

OUTLANDER - slamming/ brutal death-metal band from Yogyakarta/ Pontianak
My interview with Bayu Bandawa of OUTLANDER (slamming/ brutal death-metal, formerly metalcore, Yogyakarta/ Pontianak, Indonesia)
By Dr Kieran James (University of Southern Queensland)
Online interview, 22 March 2012

Kieran James Question 1: Hai, bisakah Anda menceritakan kapan dan bagaimana awal terbentuknya band kalian?

Bayu Bandawa Q1:  hai... Outlander terbentuknya di akhir tahun 2009 pada tanggal 29 november,ya... dulunya outlander terbentuk karena keniatan abu yang ingin membuat  metalcore dan dia mengajak kami semua Angger (drum), Bowo (gitar) dan saya Sendiri (vocal) awalnya kami belum bisa sama sekali memegang alat musik yg sebenarnya terutama saya dan abu tidak bisa sama sekali memegang alat, cuman sebuah MIC yg kita pegang hehehe....hanya saja angger dan bowo, sebelumnya bowo dengan angger sudah bermain di atas panggung di acar band band sekolah seperti Festival, dan kami berlatih terus masing2 mempunya karakter sendiri dan mengerti satu sama lain 

KJ2: Bagaimana respon orang-orang dengan mini album band Anda pada saat itu?

Bayu2: Cukup baik, lumayan bisa di terima dengan teman-teman METALHEAD di tanah air dan di luar negara . kami mendapatkan hal yang sangat positif dari teman2

KJ3: Figur siapa yang paling berpengaruh bagi Kawan kawan?

Bayu3: Banyak , seperti Devourment, Internal Bleeding, Pyrexia, Suffocation, Pyaemia, dan Cryptosy... tidak hanya itu saja masih banyak lagi 

KJ4: Apa tujuan band Anda di masa depan?

Bayu4: Mendapatkan respon yang baik di kalangan pencinta musik Extreme Metal,khusunya DeathMetal dan disaat waktunya nanti kami ingin tour keseluruh negara , bersama band-band yang kami idolakan.... semoga impian itu terwujud.

KJ5: Lagu-lagunya dalam Bahasa Inggris dan Indonesia. 

Bayu5: Yaps Demo Track pertama kami menggunakan dalam bahasa indonesia, dan lagu-lagu selanjutnya kami menggunakan dalam bahasa inggirs

KJ6: Lirik dalam lagu-lagu tersebut tentang apa?

Bayu6: Lyric tentang pembantaian , mutilasi , kematian , tentang tubuh ....

KJ7: Mengapa kalian semua menyukai bermain musik death-metal?

Bayu7: Bagi kami death-metal sudah di jalur kami, tidak hanya death-metal saja tetapi sub-genre metal lainnya.....

KJ8: Kapan pertama kali Anda menjadi fans band metal?

Bayu8: Saat itu saya di waktu kelas 4 SD, band Metal pertama kali saya dengar adalah HELLOWEEN, setalah itu saya sangat sering saat ayah saya memutarkan lagu MEGADETH dan METALLICA...ketika mulai beranjak remaja saya mendalami tentang musik metal serta band-bandnya

KJ9: Apa yang Anda katakan kepada orang-orang yang mempertanyakan mengapa Anda memainkan musik gaya barat?

Bayu9 : Karena musik metal berasal dari barat , dan kami memainkan musik itu dan kami mengembangi musik tu , hanya saja sikap perilaku,tradisi,agama dan budaya saja kami tidak sepenuhnya mengikuti gaya barat...karena kami masih memiliki budaya sendiri yg sangat kuat, tapi kami tetap imbang atitude budaya gaya barat dan bagaimana kami harus menghormati budaya,tradisi,dan agama...

KJ10: Apakah para istri dan kekasih para personil kalian mendukung apa yang kalian kerjakan?

Bayu10: Banyak keluarga saya mendukung saya sekarang bermain musik keras ini , teurtama Ayah, Ibu saya dan Paman saya (Roy Devo)...dan orang tua saya sangat mengerti mengenai apa yang saya lakukan saat ini , mereka tetap memberi hal yang sangat positif untuk saya dan teman2 saya yang lainnya 

KJ11: Apa saja hal-hal baik dan buruk mengenai pandangan death-metal Bandung?

Bayu11: No comment, bagi saya Death Metal Bandung adalah kota yang sangat hebat perkembangan musiknya sangat baik dan kami suka mereka...dan mereka sangat baik, walaupun bermain musik metal tapi mereka tetap membudi dayakan budaya mereka sendiri yaitu SUNDA

KJ12: Apa daftar perjalanan band untuk kedepannya?

Bayu12: Kami berencana tahun ini akan mengejar mini-album, dan kami harap OUTLANDER tetap brutal dan di terima teman-teman METALHEAD di kota kami (PONTIANAK) dan di tanah air , hingga ke penjuru negara lain...

KJ13: Di acara apa kalian merasakan, itu stage yang memuaskan?

Bayu13: Bagi saya semuanya sangat memuaskan, walaupun beberapa gigs sedikit ada problem.......

KJ14: Ada pesan untuk kawan kawan?

Bayu14: Terima kasih banyak buat Keluarga Besar Pontianak MetalForce , terutama keluarga saya dan paman saya (Roy Devo) dan teman-teman yg sudah mendukung OUTLANDER sampai sekarang , tanpa kalian kami bukan siapa-siapa.... Cheers muthafakers and keep brutal yeahhh \m/

KJ15: OK, terima kasih banyak

Bayu15: You’re welcome mate, see you.

Facebook page: BAYU OUTLANDER

No comments:

Post a Comment