Monday, April 16, 2012

INTERVIEW: EMBRACE THE DARKNESS - My interview with Tatto Darkness (guitar) of SUNTIXMATI (black-metal, Cikampek, West Java, Indonesia) (Bahasa Indonesian)

Playing with the great IMPIETY (Singapore) on 29 April 2012, be there !!
My interview with Tatto Darkness (guitar) of SUNTIXMATI (black-metal, Cikampek, West Java, Indonesia)
By Dr Kieran James (University of Southern Queensland)
Online interview, 16 April 2012

Kieran James Question 1: pertama-tama ceritakan tentang sejarah band kalian, seperti kapan kalian mulai dan siapa saja personilnya?

SM Question 1: Di mulai dari ide Amel, Tatto & Muluy untuk membuat band yg bernafaskan lagu-lagu brisik...kemudian terbentuklah nama "SUXMA" yang kependekan dari “suntixmati”...di bentuk pada tahun 1997 Seiring dengan berjalan nya waktu musix "SUXMA (suntixmati)" pun terus berkembang, berani berexsperimen dengan cara menggabungkan beberapa unsur music...tetapi tetap dengan sentuhan "SUXMA" yang lebih bernuansa depresi, kegelapan dan emosional.

Masalah klasik di tubuh sebuah band adalah perbedaan paham antara salah satu personel dengan personel lain nya yang tidak bisa disatukan lagi. Hal ini pun terjadi didalam tubuh "SUXMA(suntixmati)" sendiri. Beberapa kali gan Beberapa kali ganti-ganti personel, sampai akhirnya terbentuk lah formasi yang sekarang ini:
-Triplesix Amel Suxma (drum and spell)
-Muluy (vocal, scream, growl)
-Tatto Darkness (electric guitar, rhythm, distortion)
-Bety Juang (keyboard sweetener)
-Kencoz Ability (death rip)

KJ2: Bagaimana perkembangan album kalian?

SM2: tahun 2000 Kami pun berhasil membuat satu buah mini album yang berisi kan 3 (tiga) buah lagu, adalah "MURKA", "TENGKORAK KOSONG", dan "MUKJIZAT DIBALIK RENCANA SUNTIXMATI". dan 2003 album ke 2 yang kami beri tema EMBRACE THE DARKNESS. yang terjual 300'an keeping

KJ3: Bagaimana menggambarkan style kalian dan band apa saja yang kamu sukai?

SM3: kami menggambarkan style kami sesuai dengan inspirasi masing-masing,yang pasti bernuansa depresi, kegelapan dan emosional. "suntixmati" terinfluece oleh band metal Seperti Cradle of Filth, Catamenia, Dimmu Borgir, Within Temptation, Nightwish.

KJ4: kamu percaya pada ideology black-metal?

SM4: Black metal ideology buat saya adalah berkarya/bekerja dalam musik metal sesuai dengan ide kita sebebas-bebas nya tanpa menentang agama dan tuhan nya.

KJ5: Apa band black-metal Indonesia yang kamu sukai?

SM5: Hellgods, Maelstorm, Ritual Orchestra.

KJ6: Apakah komunitas metal dikota kamu terdapat juga black-metal, death-metal, dll?

SM6: di kota kami cukup banyak. terbukti dengan adanya setiap event (gigs) banyak band-band blackmetal ataupun death metal asal kota kami yang perform di sana.dan banyak nya orang-orang yang menggunakan t-shirt metal beserta acsesorisnya.

KJ7: http://www.metal-archives.com/ yang membimbing saya untuk menemukan JASAD dan band metal Indo lainnya. Apakah kalian salah satu diantara page band disana?

SM7: Saya adalah salah satu member di sana, saya berbicara dan mencari tahu dan juga membahas banyak genre musik, terutama musik metal, tapi ketertarikan utama saya adalah gothic black-metal/ blackmetal/ melodic blackmetal.

KJ8: Apa rencana dan tujuan kedepan band kamu?

SM8: Sampai sekarang "suntixmati" masih mendapatkan pengaruh musik serta stage secara visual dari berbagai jenis aliran musik METAL, tapi tentunya dari karakter yang khas "suntixmati" itu sendiri.tujuan rencana kami adalah untuk menghasilkan lebih banyak karya-karya kami untuk bisa di dengarkan oleh para metalhead dunia.

KJ9: Kota mana yang kamu pikir sebagai scene black-metal terbaik dan kenapa?

SM9: Bogor dan Surabaya adalah kota yang mempunyai scene black-metal yang bagus. banyak band-band blackmetal lahir di sana. Pertumbuhan dari scene black-metal didukung oleh banyaknya event-event (gigs) yang di buat oleh EO yang juga mendukung pergerakan scene blackmetal.

KJ10: Bagaimana komentar kamu tentang TANAH KUBUR dari Cibinong? Kami juga mewawancarai vokalisnya disini

SM10: saya kurang begitu mengenal nya. http://static.ak.fbcdn.net/images/blank.gif

KJ11: I know Jamet too, Tanah Kubur, we promote his band, and Ririwa from Bogor.

SM11: Yess...we had a stage with Ririwa, Suntixmati [has played] gigs at Bogor three times

KJ12: What is your comment about Ririwa?

SM12: Yes I love it and I respect it.

KJ13: Terakhir: Ada pesan untuk para penggemar?

SM13: "DO IT YOUR SELF AND DO WHAT HAS TO BE DONE!!!!"

KJ14: Terimakasih banyak untuk wawancaranya dan saya harap bisa bertemu dengan kamu ketika saya datang ke daerah jawa.

SM15: Thanks mate, take your time, siap mister...saya sangat ingin bertemu dengan anda sir...

SM16: siap mister...saya sangat ingin bertemu dengan anda sir...kalau ada waktu datang di event kami tanggal 29 april 2012 with IMPIETY from Singapore. Thanks Kieran James


No comments:

Post a Comment