Tuesday, January 24, 2012

Interview dengan ‘SEKARAT’ ( BRUTAL DEATH METAL FROM MALANG – INDONESIA )



Ini dia band Brutal Death Metal asal Malang yang namanya sudah lama kita dengar, siapa lagi kalau bukan SEKARAT. Band yang sudah cukup lama terbentuk pada tahun 1993 ini sampai sekarang masih eksis dijalur music bawah tanah. Walaupun mereka sempat mengalami gonta-ganti personil tapi mereka tiada hentinya dan terus berkarya yang sampai saat ini sudah 2 album yang mereka muntahkan yaitu : Tragic Incident (1998) dan Confounded By Hatred (2008). Dan ditahun 2012 ini mereka akan siap memuntakan album 3 mereka yaitu Made Flesh Creep (2012) yang dirilis oleh label ternama dari Surabaya yaitu No Label Records.
Pada kesempatan saat ini, Yudha sang penggebuk drum meluangkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Busuk Webzine. Ok lah mari kita simak wawancaranya…. Cekidot \m/

John Yoedi : Hello Yudha, apa khabar nech ? Terima kasih yach sudah menyetujui dan meluangkan waktunya untuk melakukan interview dengan Busuk Webzine. Suatu kebangaan buat Kami bisa melakukan wawancara dengan Sekarat. Kieran James (Australia) dan saya telah share di blog ini. Baiklah, Apa yang sedang berlangsung di base camp Sekarat saat ini ?

Yudha : Alhamdullilah baik…kalo sekarang kita kebetulan nggak kumpul bareng-bareng, Biasanya kita sharing, membahas materi, dan sedikit dengan aroma alkohol.

JY : Ceritakan secara singkat tentang….siapa sich yang mempunyai ide untuk membentuk SEKARAT ? Dan siapa saja line up dari SEKARAT sekarang ini ? Apakah ada pergantian line up sejak dimuntahkannya album ‘Confounded by Hatred ’ ?

Yudha : Okey langsung aja, sebenarnya Francist sang vocalis yang membentuk band ini. line up sekarang yaitu Francist pada Vocals, Dhidiek (ex-Keramat) pada Guitars, Wira (Pickwolf) pada Bass, dan tentunya saya sendiri Yudha pada Drums. Pergantian line up selalu terjadi pada pemain Bass, Dulunya ada Bazman dia resign karena dia ada pekerjaan baru, kemudian digantikan oleh Rano tapi juga tidak berlangsung lama akhirnya dia cabut yang dikarenakan ada panggilan kerja diluar kota. Trus terakhir digantikan Wira sampai sekarang.

JY : Dalam hal nama band kalian SEKARAT, Apakah memiliki arti / makna yang sangat signifikan ?

Yudha : Untuk nama tidak memiliki arti atau makna.

JY : Apakah untuk line up yang sekarang ini, kamu yakin akan bisa lebih solid atau bertahan lama ? Karena seperti sebelumnya, SEKARAT sempat mengalami gonta-ganti personil.

Yudha : Anda benar sekali. Tapi mudah-mudahan, kali ini kita semua berharap tetap solid sampai seterusnya.

JY : Jika kamu tidak keberatan, bisa nggak ceritakan secara singkat tentang penggarapan / proses album ‘Confounded By Hatred’  kalian ketika itu ? Butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikannya? Apakah ada kesulitan ?

Yudha : Sangat panjang dan melelahkan, karena kita berangsur-angsur dalam penggarapan / proses album itu. Kira-kira kurang lebih satu tahun untuk penyelesaiannya. Ada kesulitan, itu pastilah..karena kita dituntut lebih fokus dan lebih intensif dalam pengerjaannya.

JY : Dan apakah ada perbedaan dari album-album sebelumnya ?

Yudha : Berbeda sekali kalau di album-album yang sebelumnya lebih condong ke Death / Trash Metal. Kalau di album sekarang lebih ke arah Brutal Death Metal dangan sedikit aroma Groovy.

JY : Bagaimanakah responnya sejak perilisan album terakhir sampai saat ini ? Apakah kamu juga pernah mendapatkan ‘bad respon’ ?

Yudha : Kalau menurut saya pribadi, Lumayan puas karena hasil recordingnya masih kurang maksimal. Dan kalo ‘Bad Respon’nya, Pasti ada dong. Karena semua telinga orang tidak sama.

JY : Untuk masalah perilisan album-album dari SEKARAT, Apakah kalian lebih suka bekerjasama dengan Labels/Records dari luar negeri ? Dan seberapa jauh sih deal kalian dengan labels/records dari luar negeri tersebut, Apakah hanya untuk perilisan album saja atau apakah mereka juga ikut mendukung untuk masalah shows/tours serta merchandise ?

Yudha : Senang dan bangga banget jika bisa berkerjasama dengan Labels dari luar negeri. Lebih tepatnya hanya untuk perilisan album saja, dan sistemnya jual putus.

JY : Kalo boleh tahu, label/record yang bagaimana yang benar-benar kalian inginkan dan membuat begitu terkesan untuk melakukan deal / sign contract  ?

Yudha : Sevared Records, Rottrevore Records, dan No Label Records.

JY : Bagaimana kamu mendiskripsikan SEKARAT dalam hal musick ?

Yudha : Memang sebuah aliran musik sekarang itu banyak dan penuh eksperimen juga. Akan tetapi Sekarat masih tetap optimis dalam berkarya dengan jalur Death Metal.

JY : Artwork di album terakhir kalian ‘Confounded by Hatred’ sangatlah perfect dan luar biasa. Siapa sich yang mempunyai ide dalam hal artwork untuk albums Sekarat ? Siapa artistnya ? Apakah kalian sangat puas dengan hasil artwork tersebut ?

Yudha : Terimakasih sebelumnya..Yang bikin itu adalah Dhidiek sang Gitaris Sekarat, Dan dia sendiri adalah kakakku sendiri. Kita semua, sangat puas sekali.

JY : Mengenai masalah lirik-lirik lagu pada album SEKARAT. Apakah ada film-film,buku cerita atau yang lainnya, yang dapat memberikan  kamu inspirasi dalam hal penulisan lirik lagu ? Siapa yang bertanggung jawab dalam hal penulisan lirik lagu pada album SEKARAT ? Apakah member yang lain juga turut membantu ?

Yudha : Kalau itu pasti ada, paling cuma sedikit karena untuk sebuah referensi. Yang membuat lirik-liriknya, pasti tugas dari si vocalis. Kalau member yang lainnya, mungkin cuman punya ide untuk titelnya saja.

JY : Seperti yang kita ketahui title album ‘Confounded By Hatred’ adalah merupakan lagu ketiga yang terdapat didalam album tersebut ? Mengapa kalian menjadikannya sebagai title album, Apakah ada sesuatu yang sangat spesial ? Bisa nggak kamu jelaskan secara singkat tentang arti dari judul lagu ‘Dipanggil Tuhan YME’ ?

Yudha : Kalau masalah penempatan lagunya itu, kita semua memang mau bikin yang lebih unik saja, dan kebanyakan ditaruh di posisi terakhir. Kenapa kita pake titel tersebut, karena memiliki sebuah arti yang bagus.
Maksud dari lagu Dipanggil Tuhan YME itu, menceritakan dua orang sahabat kita yang meninggal karena Over Dosis.

JY : Band-band apa saja yang mempengaruhi atau yang dapat memberikan suatu inspirasi dalam music Sekarat ?

Yudha : Banyak sekali, terutama band-band dari Eropa.

JY : Dan apakah kalian lebih suka menciptakan karakter music/sound sendiri daripada menjiplak dari band-band yang lain ?

Yudha : Tentunya ingin menciptakan ide-ide brilliant, karakter dan corak sounds, perform yang lebih unik.

JY : Sudah berapa banyak mahakarya yang dihasilkan oleh SEKARAT sampai sejauh ini ?

Yudha : Sampai saat ini udah sepuluh material.

JY : Peralatan atau equipment apa saja yang kalian gunakan pada saat recording ? Apakah equipment ini sama ketika kalian melakukan shows/tours ?

Yudha : Tentu sama mungkin cuman ada sedikit perbedaan mungkin dari merk peralatan atau equipmentnya.

JY : Sejak kapan kamu mulai menyukai / mendengarkan music metal ? Dan band apa, yang pertama kali kamu dengarkan ketika itu ?
 
Yudha : Sejak usia 10 tahun,sudah mulai menyukai musik metal. Ada Metallica, Kreator, Sepultura, Slayer, Napalm Death, Obituary, dan lain sebagainya.

JY : Kegiatan apa saja yang kalian lakukan selain nge-band ? Dan bagaimana cara kalian membagi waktu antara latihan dengan pekerjaan, family dan sebagainya ?

Yudha : Macam-macam ada yang masih sibuk skripsi, wirausaha kantin, dan tentunya kerja. Saat hari libur dan hari minggu saja.

JY : Apakah diantara personil dari SEKARAT ada yang memiliki band project ?

Yudha : Wira yang sekarang dia ikut dengan Pickwolf dengan genre Southern Rock.

JY : Bagaimana tentang scene death metal di Malang saat ini ? Adakah band-band sadis yang bisa kamu rekomendasikan ke Kami ?

Yudha : Sekarang sudah mulai ramai dan lebih semarak. Kalau masalah band, silahkan anda sendiri yang menilainya.

JY : Dimana pengalaman shows/tours dari SEKARAT yang paling berkesan dan yang paling buruk ? Apakah kalian pernah tampil di luar dari pulau Jawa ?

Yudha : Yang paling berkesan saat perform bareng Jasad, Bleeding Corpse, dan Pickwolf dalam acara Sinergi Heavy Fest di Batu Malang. Kalau paling parah, Waktu perform dalam acara Ngoro Death Fest Karena sounds sangat minimalis.

JY : Apa rencana kedepan dari SEKARAT ? Apakah akan merilis album terbaru di tahun 2012 ini ? Dan kira-kira ada berapa lagu yang akan siap dimuntahkan dalam album terbaru nanti, dan siapa yang bakalan merilis album terbaru tersebut ?

Yudha : Rencana ingin launching album baru. Berisikan 10 lagu dan dirilis oleh No Label Records dari Surabaya.

JY : Terima kasih telah mendukung Busuk webzine serta atas waktunya untuk menjawab pertanyaan dari saya. Sukses selalu untuk SEKARAT. Dan sebelum menutup wawancara ini, Adakah pesan-pesan terakhir untuk Busuk webzine serta para metalheads ?

Yudha : Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Kepada Busuk Webzine, semoga tetap jaya dan sukses selalu dalam berkarya.
Untuk para metalheads, marilah kita semua tetap berkreasi.

Dont forget to visit their site and see their fuckin stuff here :



(Diwawancarai oleh : John Yoedi, January 16, 2012)

No comments:

Post a Comment