Tuesday, May 7, 2013

WAWANCARA DENGAN ERA (GUITARIS) DARI FEAR INSIDE, DEATH METAL SURABAYA – INDONESIA


Siapa yang tidak pernah mendengar band FEAR INSIDE ? Band yang terbentuk cukup lawas di Kota Surabaya ini adalah merupakan salah satu band yang memainkan Old School Death Metal. Awalnya band ini bernama Individual Scum yang terpengaruh oleh band oldschool death metal seperti Entombed, Dismember, Benediction dan Cancer. Pada 17 Maret 1997 mereka merilis Ep ‘Mindestruction’ dan saat itulah band ini berganti nama menjadi Fear Inside yang diambil dari lirik lagu Tormentor milik Slayer. Ditahun 1999 mereka kembali memuntahkan album ‘Human Disgust’ serta ditahun 2001 Fear Inside mengeluarkan Single ‘Penetration Of Negative Forces’ yang mana lagu ini kemudian masuk dalam kompilasi Brutally Sickness ‘Bloody Sound Of Death’ (rilisan ESP Bandung). Ditahun 2004 Fear Inside telah mengeluarkan promo demo ‘Awakening from the dead’, ditahun 2006 mereka juga mengeluarkaan single ‘Mencengkram Dendam’ yang mana lagu ini masuk dalam kompilasi Metalik Klinik 9. Serta ditahun 2007 Mereka kembali mengeluarkan album ‘The Victory: 10 years & Stronger’ yang berisikan lagu-lagu dari demo selama 10 tahun berkarya yang mana album ini dirilis oleh Inviolable Music dari Kota Cirebon – Jawa Barat. Pada tahun 2008 merupakan awal kebangkitan Fear Inside untuk kembali menggebrak dunia bawah tanah ini. Memang mereka infonya sempat vakum cukup lama dan kini mereka kembali bangkit lagi dan malah mempunyai jadwal manggung yang cukup padat.
Ok lah pada kesempatan kali ini sang gitaris Era mencoba meluangkan waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan singkat dari Busuk Webzine. Silahkan kalian simak……
JY : Hello mas bro….apakhabar ? Terima kasih banyak atas waktunya untuk melakukan wawancara dengan Busuk Webzine. Kieran James (Australia) dan Saya share di blog ini. Baiklah, lagi ada aktifitas apa aja nih di base camp Fear Inside saat ini ?
Era : Seperti biasa kita kumpul-kumpul sambil mencari beberapa materi untuk album berikutnya 
J
JY : Sebagai pemanasan……Bisa nggak diperkenalkan new line up dari Fear Inside saat ini ?
Era : Nendy: vocalis, Era: gitaris, Donny: Bassis dan Ijank : Drumer     
JY : Seperti yang kita ketahui Fear Inside merupakan band lawas dari Kota Surabaya yang mana terbentuk di tahun 1995. Dan telah memuntahkan 2 full length album yaitu Human’s Disgust (2010) dan The Glorious Of My War (2012) serta ikut berpatisipasi di beberapa kompilasi metal tanah air. Saya sempat mendengar bahwa Fear Inside sempat vakum cukup lama dan saat ini Fear Inside kembali berbaur di kancah musik bawah tanah. Apa yang menjadi alasan utama dan ingin Fear Inside kembali bangkit lagi ?
Era : Gairah,dan jiwa kita merasa terpanggil untuk berkarya kembali.
JY : Apakah konsep musik yang kalian mainkan masih tetap sama atau ada sedikit perubahan ?
Era : Pada dasarnya sih tetep sama oldschool Death Metal, tetapi untuk materi-materi baru kami akan lebih komplek.
JY : Bisa nggak kamu mendiskripsikan instruments sound dan typical vocals yang bagaimana kamu sukai ?
Era : Untuk sound kita lebih suka distorsi yang low mid dan sedikit gain, kalo vocal kita suka growl
JY : Band-band apa saja yang mempengaruhi atau yang dapat memberikan suatu inspirasi ke dalam musik Fear Inside ?
Era : Suffocation, Cannibal Corpse, Obituary, Slayer dan etc.
JY : Dan apakah kalian lebih suka menciptakan karakter music/sound sendiri daripada menjiplak dari band-band yang lain ?
Era : Iya,untuk karakter sound kita cenderung untuk membuat karakter sendiri.
JY : Sudah ada berapa materi lagu baru yang kalian miliki sampai sejauh ini ? Dan kapan rencana dari kalian akan segera memuntahkan new full length album ?
Era : Sementara ini masih ada lagu 3 lagu baru, yang rencana salah satu nya akan kami keluarkan berupa single.
JY : Bisa diceritakan sedikit nggak, kapan kamu mulai menyukai /mendengarkan musik metal ? Dan band apa saja yang pertama kali kamu dengarkan ketika itu ?
Era : Sejak saya berada di sekolah dasar, saya terpengaruh oleh kakak saya yang suka sekali mendengarkan lagu-lagu dari Slayer dan Sepultura.
JY : Apakah personil Fear Inside ada yang memiliki band project ?
Era : Hahaha, hampir semua personil kita mempunyai band. Era dan Ijank tergabung dalam OSIRIS band Progressive Death Metal dari kota Sidoarjo,dan Donny si bassis tergabung dalam ROMUSHA sebuah band Brutal Death Metal dari Surabaya.
JY : Bagaimana tentang scene death metal di Surabaya saat ini ? Adakah band-band sadis yang bisa kalian rekomendasikan ke Kami ?
Era : Scene death metal sekarang berkembang pesat meskipun banyak scene baru yang muncul.
Blood of Messiah dan Jagal adalah band-band brutal yang sadis
JY : Kadang-kadang terdengar mudah ketika kita mendengarkan sebuah album (dalam hal permainan musik). Namun kita juga harus mengetahui, bahwa untuk mencapai level yang kita inginkan perlu sekali adanya kerja keras sehingga hasilnya akan lebih baik pula. Seberapa sering kalian melakukan latihan dalam seminggu ?
Era : Kita berlatih setiap seminggu sekali,karna banyak kesibukan dari setiap personil kami.tapi kita selalu memanfaatkan media yang ada sekarang.untuk setiap materi kami selalu mebuat dalam gitar pro supaya bisa di pelajari di rumah masing-masing,dengan begitu kita tinggal mengkompaknya saja di dalam studio. Dan hasilnya memang efektif.
JY : Bagaimana menurutmu tentang adanya Busuk Webzine ? Di Busuk Webzine kami mencoba melakukan 2 versi bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dan disamping itu kami juga berusaha untuk selalu update news.
Era : Saya rasa ini keren dan ini penting,mengingat minimnya info info terbaru untuk band-band underground dan kegiatan-kegitannya.
JY : Apa rencana kedepan dari Fear Inside ? Apakah akan merilis album terbaru atau akan melakukan beberapa shows/tours ?
Era : Rencana kita akan mengumpulkan materi-materi untuk album terbaru kami,kalo untuk show kita sudah ada beberapa jadwal show.
JY : Terima kasih telah mendukung Busuk Webzine serta atas waktunya untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Saya. Sukses selalu untuk Fear Inside. Dan sebelum menutup wawancara ini, Adakah pesan-pesan untuk para metalheads di tanah air ini ?
Era : Sama-sama dan Keep Death Fucking Metal sajalah \m/ hahahaha

(Diwawancarai oleh : John Yoedi, 08 May 2013)

Untuk kalian yang ingin mengetahui informasi tentang band ini, bisa di cek di link mereka dibawah ini :

No comments:

Post a Comment