Friday, February 8, 2013

INTERVIEW: My interview with HELLHOUND (modern death-metal from Malang, East Java, Indonesia)

  • HELLHOUND: modern death from Malang 
    1 Please tell us the band history and the current members
1. Awal tahun 2012, Andika (Guitar) yang sudah cukup lama vakum dalam music setelah resign dari Death Prison ingin membuat sebuah proyek baru dengan genre death metal. Kemudian dia bertemu dengan Nofa (Vocal) Dan Budi (Guitar) yang setahun lalu recording di studio milik Andika dan mengajak mereka berdua untuk membantu dalam proyek death metalnya. Dengan basic music yang berbeda, Andika yang berkarakter Neo Classical dan lebih cenderung ke technical mencoba menyatukannya dengan Nofa dan Budi yang lebih ke old school death metal. Kemudian terciptalah single “Liturgi Hitam” yang ditulis dalam waktu satu minggu, dan karena itu juga kami mencoba lebih serius dalam proyek ini, akhirnya atas kesepakatan lahirlah nama “Hellhound” yang mewakili music yang kami usung. Kamipun mulai memperdalam genre ini dengan influence dari beberapa band luar negeri.

Kurang lebih setengah tahun berjalan (masih tetap dengan formasi 3 personil), kami menyelesaikan EP – Self titled yang berisikan 6 track di dalamnya, dan kamipun mulai focus mencari personil untuk posisi drummer dan bassist untuk menopang live perform Hellhound. Kami mulai dengan mencari drummer, ketika itu ada beberapa drummer yang kami hubungi dan diberi materi lagu untuk audisi d studio. Septian (Drum), pelajar SMU yang kental dengan tipikal George Kolias (Nile) akhirnya mampu mengisi kekosongan pada posisi drummer. Dedi (Bass) teman kami yang biasa ikut ngumpul dan memiliki basic tipikal Spawn Of Posession, kami minta mengisi posisi bass dan dia menyanggupinya. Dan kamipun mulai perform di beberapa gigs lokal.
Awal desember 2012, Septian memberi kabar yang mengejutkan. Dia secara tiba tiba resign dari band, dengan alasan dia harus fokus ke pendidikannya. Tanpa membuang waktu kamipun membuka “lowongan” untuk mengisi posisi drum, melalui group group di media jejaring sosial. Beberapa drummer mengajukan diri dan kami seleksi dengan materi lagu kami sebagai acuannya. Hingga akhirnya Irul, yang kami pilih untuk mengisi posisi drummer Hellhound.
Hellhound Line Up 2013 :
Nofa - Vocal
Andika - Guitar
Budi - Guitar
Dedi - Bass
Irul - Drum

2 What is your genre style?

2. Pada dasarnya kami menyebut genre kami adalah Death Metal. Tetapi beberapa orang ada yang mengatakan technical death metal ada juga yang menyabutnya progressif death metal. tetapi bagaimanapun juga kami tetap kembali pada root kami yaitu death metal. entahlah kami hanya ingin mencampurkan semua influence musik kami ke dalam death metal haha.

3 Who are your influences?

3. untuk influence, tiap personil kami berbeda beda (mungkin itu juga yang membuat genre death metal kami agak beda haha). beberapa lebih prefer ke teknikal seperti necrophagist, obscura, spawn of possesion, etc. sebagian ada yang prefer band2 seperti cannibal corpse, suffocation, disgorge, disavowed, nile, hour of penance etc. bahkan kami jg memasukan unsur black death sperti behemoth d materi baru nanti.

4 Why do you like to play metal music?

4. entahlah, mungkin panggilan jiwa haha. Kami merasa nyaman dalam metal, disini bebas, misalnya anda mau menggabungkannya dengan jazz atau musik etnik atau apapun, tidak ada batasan disini. kalau boleh kami bilang mungkin metal itu seperti luar angkasa, gelap, luas dan tanpa batas, anda akan selalu menemukan kejutan kejutan yang mungkin tidak anda sangka sebelumnya.

5 I know Malang had a great scene in 1990s with rotten corpse and sekarat. how is the scene going nowadays?

5. yeah! rotten corpse dan sekarat adalah band2 yang sangat mengispirasi, dan kami sangat bangga bisa terlahir satu kota dengan mereka di malang ini. scene di malang saat ini berkembang dengan sangat pesat. jika dulu pada era 90an hanya ada sebuah scene yang menaungi berbagai macam genre underground di malang, sekarang tiap genre memiliki wadahnya sendiri2, sehingga lebih fokus pada genre yang mereka usung. bahkan satu genre bisa pecah menjadi beberapa scene lagi, ini terjadi karena visi setiap scene berbeda beda, tidak masalah asalkan hal itu bisa memajukan malang, hanya saja kadang ada scene "dadakan" yang terlahir karena ketidaksukaan terhadap yang lain, sehingga membuat ricuh saja, dasar orang orang tolol haha. mungkin ada baiknya apabila bisa kembali dalam satu naungan seperti dulu.

6 what are some good young bands coming up in malang?

6. banyak sekali, dan mereka sangat sangat berbahaya. beberapa diantaranya Rottenomicon, muncul beberapa tahun belakangan dan Gobbel (rotten corpse) sebagai leadernya, Nadi yang mengusung oldschool death metal, Rottenblast dengan brutal death metalnya dan tahun ini mereka bertiga akan mengadakan launching album secara bersamaan. o iya ada satu band lagi yang menarik perhatian saya, Death Prison yang semuanya berstatus masih pelajar dan memiliki skill yang mengerikan, jika anda mendengarkan demonya akan mengingatkan pada obscura hehe, sangat2 potensial.

7 what are your goals for your band in future?

7. sementara kami baru memiliki EP, saat ini sedang dalam proses penggarapan EP ke 2, mungkin selanjutnya kami akan lebih fokus full album. menjadi pengisi di acara sekelas Hammersonic atau Rock in Solo hahaha, dan meskipun kelihatannya muluk2 kami ingin bisa perform di luar negeri dengan membawa nama malang dan indonesia tentunya hahaha

8 i visited malang last year, there is a pool club CO2 on jalan soekarno-hatta, i sang with the house band Interlude, you know this place?

8. O2 pool? oh tentu saja, pada waktu kuliah dulu kadang kami bermain pool di situ. mungkin kita bisa bermain bersama jika anda berkunjung ke malang lagi :)

9 what is your favourite city for metal in Indonesia and why?

9. Bandung, metal di kota bandung itu cepat sekali berkembang, bukan hanya metal dari genre musik lain juga. menurut kami underground di Bandung itu saling support, mereka tidak memandang itu band yang sudah besar atau band yang masih baru. band besarpun tidak malu untuk memakai merch band2 yang masih kecil. mungkin dari situ knpa scene mereka bisa sangat solid. dan malang tentunya hahaha, mungkin belum sesolid bandung, tetapi kami jg memiliki musik yang tidak kalah berkualitas dan bisa bersaing :D



No comments:

Post a Comment